Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/11/2021, 15:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Caladium atau keladi adalah tanaman daun yang menakjubkan dengan daun berwarna-warni yang cantik dan indah sehingga cocok dijadikan hiasan dalam ruangan.

Meski begitu, hingga kini, masih menjadi perdebatan di kalangan pencinta tanaman terkait memelihara caladium di dalam ruangan atau indoor.

Kebutuhan khusus tanaman membuat penggunaan caladium sebagai tanaman dalam ruangan agak menantang.

Baca juga: 9 Tanaman Hias yang Beracun, Caladium hingga Philodendron

Namun, beberapa tips merawat tanaman caladium di dalam ruangan ini bisa membantu Anda  merawat caladium di dalamr ruangan dengan baik

Melansir dari Gardening Know How, Rabu (24/11/2021), berikut cara merawat tanaman caladium di dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Pilihan Pupuk Terbaik untuk Tanaman Keladi alias Caladium

Tips merawat caladium di dalam ruangan

Alocasia Frydek atau biasa disebut Keladi Neon yang memiliki keunikan berupa tulang dari daunnya yang bisa menyala dalam gelap atau glow in the dark. Hasil tangkap layar Youtube Oranje Garden Alocasia Frydek atau biasa disebut Keladi Neon yang memiliki keunikan berupa tulang dari daunnya yang bisa menyala dalam gelap atau glow in the dark.

Tanaman caladium dalam ruangan membutuhkan area cahaya sedang dengan perlindungan dari sinar matahari langsung yang berpotensi menghanguskan daunnya.

Jendela utara atau timur biasanya merupakan eksposur terbaik. Kelembapan sangat penting untuk perawatan tanaman hias caladium karena umbinya berasal dari hutan tropis Amerika Selatan dan menghasilkan dedaunan musiman selama musim hujan dan panas.

Meniru kondisi asli tanaman adalah kunci sukses memperkenalkan tanaman ke interior rumah. Menjaga kelembaban tinggi di rumah dapat dicapai dengan menempatkan piring atau wadah berisi kerikil dan air agar kelembapannya terjaga.

Baca juga: Lagi Tren, Begini Cara Merawat Caladium Bicolor alias Keladi Merah

Penguapan akan melembapkan udara sekitar dan memberikan kelembapan yang diperlukan untuk tanaman caladium. 

Jauhkan tanaman caladium dari ventilasi pemanas yang akan meniupkan udara kering dan jendela atau pintu yang berangin.

Baca juga: Teknik Menyiram Tanaman Keladi agar Tumbuh Subur dan Lebat

Saat tanaman Anda masih dalam proses pertumbuhan daun, Anda hanya boleh memupuk tanaman saat tumbuh aktif selama musim panas.

Simpan tanaman di area dengan suhu setidaknya 18 derajat Celsius. Ketika daun mulai layu, biarkan hingga daun gugur atau potong ketika sudah menguning dan mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com