Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Membeli Pohon Natal Buatan? Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu

Kompas.com - 24/11/2021, 13:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang indentik dengan perayaan Natal adalah pohon Natal. Kehadiran pohon Natal tidak hanya sekadar pajangan, tapi juga dapat menjadi tambahan dekorasi yang mempercantik rumah saat Natal. 

Biasanya, kebanyakan rumah memilih menggunakan pohon Natal buatan dibanding pohon sungguhan. 

Baca juga: Cara Membuat Pohon Natal Menggunakan Tanaman Sukulen

Pohon Natal buatan memiliki banyak keuntungan. Mulai dari, menghemat uang karena tidak harus membeli pohon Natal baru setiap tahunnya, tidak perlu menyiramnya, serta aman bagi mereka yang memiliki alergi lantaran tidak mengandung alergen seperti jamur atau lumut

Namun, sebelum membeli pohon Natal buatan, ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan agar pohon Natal bisa berfungsi baik di rumah. 

Melansir dari My Domaine, Rabu (24/11/2021), berikut lima hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli pohon Natal buatan. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Merapikan Kembali Pohon Natal?

Persyaratan ruang

Ilustrasi pohon Natal di ruanganUnsplash/Spacejoy Ilustrasi pohon Natal di ruangan
Sebelum membeli, pikirkan di mana pohon Natak akan diletakkan, berapa luas ruangan atau rumah, dan apakah plafon rumah tinggi atau rendah.

“Anda harus mengukur tinggi dan diameter ruang yang diinginkan dengan mengingat bahwa pohon akan semakin lebar saat semakin tinggi,” kata Mac Harman, CEO dan Pendiri Balsam Hill.

Aturan praktisnya adalah minimal 15-45 sentimeter antara bagian atas pohon dan plafon serta minimal 7,6-15 sentimeter antara pohon dan dinding yang berdekatan.

“Pastikan semua sudut, jendela, dan furnitur dipertimbangkan,” kata Chris Butler, CEO National Tree Company.

Penting juga mempertimbangkan ruang penyimpanan saat pohon Natal tidak lagi digunakan. 

Baca juga: Hama yang Mungkin Mengintai di Pohon Natal dan Cara Menyingkirkannya 

Penyimpanan

Garasi, loteng, dan ruang bawah tanah adalah tempat teratas untuk menyimpan pohon Natal. Namun, menurut Kim Tokarski, Senior Merchant di Frontgate, Anda harus memperhatikan hama dan kelembapan yang dapat mempengaruhi usia pemakaian pohon. 

“Jangan pernah menyimpan pohon di dalam kotak yang ada di dalamnya," katanya.

Sebaliknya, Kim menyarankan untuk mempertimbangkan tas pohon berdiri yang memungkinkan penyimpanan vertikal atau horizontal, yang tahan tusukan sehingga cabang pohon tidak akan masuk. 

“Atur tas di bawah pohon selama penyiapan, lalu tutupi dengan tas pohon. Pada akhir musim, cukup lepaskan ornamen dan tarik tasnya ke atas.” 

Baca juga: Simak, Trik Menghias Pohon Natal

Periksa pohon dan aksesorinya 

Pohon datang dengan instruksi perakitan yang berbeda, tetapi secara umum harus membersihkan area meletakkan pohon Natal, kemudian memeriksa dan meletakkannya semua bagian, serta mengidentifikasi bagian mana yang merupakan bagian bawah, tengah, dan atas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com