Kompas.com - 06/01/2021, 16:36 WIB
Ilustrasi pohon natal. PEXELS/DIMA VALKOVIlustrasi pohon natal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah hari Natal dan tahun baru berlalu, perhatian sering beralih ke merapikan rumah dan mengemasi pohon Natal, termasuk dekorasinya seperti karangan bunga, lampu, dan pernak-pernik.

Namun, seringkali terjadi kebingungan dan perdebatan tentang waktu yang tepat untuk merapikan kembali pohon Natal dan segala macam hiasannya.

Tetapi kamu tidak boleh tergoda untuk menurunkan dekorasi Natal kamu terlalu cepat, karena beberapa tradisi menetapkan bahwa itu harus bertahan sedikit lebih lama dari yang kamu kira.

Baca juga: Ide Pohon Mini untuk Dekorasi Natal

Dilansir dari House Beautiful, Rabu, (6/1/2021), tradisi Kristen yang berasal dari abad ke-4 menandai malam ke-12 adalah akhir Natal dan Malam Epifania. 

Malam ke-12 adalah waktu yang tepat untuk menurunkan pohon Natalmu dan mengemas dekorasinya. Malam ke-12 jatuh pada tanggal 5 atau 6 Januari 2021, dan tanggalnya bergantung pada tradisi.

Berhati-hatilah membiarkan dekorasi Natalmu tetap ada setelah tanggal ini, karena dianggap membawa kesialan.

Katolik Roma

Namun, keluarga Katolik Roma dapat memilih untuk mempertahankan pohon Natal mereka hingga 2 Februari, sesuai dengan tradisi Candlemas, yang memperingati penyerahan Yesus di Bait Suci.

Baca juga: Jenis Tanaman Kaktus Ini Bisa Jadi Dekorasi Natal yang Cantik

Ratu Inggris

Di tempat lain, Ratu Elizabeth II benar-benar meninggalkan dekorasi Natalnya lebih lama, yakni hingga 6 Februari, yang menandai peringatan kematian ayahnya, Raja George VI.

Meskipun ada banyak tradisi, setiap kali kamu memutuskan untuk menurunkan pohon Natal milikmu, jangan lupa untuk melakukan sedikit hal untuk lingkungan.

Jika kamu memiliki pohon Natal asli, ingatlah bahwa pohon itu dapat didaur ulang untuk pengomposan dan pengelupasan kayu, kepingan tersebut kemudian dapat digunakan secara lokal di taman atau area hutan.

Saat memilih pohon Natal asli, kamu perlu mempertimbangkan berapa lama akan bertahan sebelum mengering. Tetapi jika kamu ingin menjaga pohon Natal milikmu tetap hidup kamu perlu menyiramnya setiap hari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X