Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2020, 17:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Bob Vila

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran pohon Natal, baik itu yang asli maupun yang palsu, menjadi sebuah simbol perayaan Natal yang dapat mengubah dekorasi rumahmu menjadi layaknya negeri ajaib nan meriah.

Tapi semua kemegahan dari pohon Natal ada harganya. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam merangkai lampu dan memasang dekorasi Natal.

Mungkin, kamu bahkan harus memindahkan furnitur untuk memberi ruang untuk pohon Natal. Dengan semua pekerjaan dan cinta yang kamu tuangkan ke pohon Natalmu, kamu pasti ingin pohon itu tetap sehat dan menarik.

Baca juga: Simak, Trik Menghias Pohon Natal

Namun, ada kemungkinan bahwa kamu bukan satu-satunya yang mengagumi pohon Natal milikmu di rumah.

Di balik semua ornamen, lampu, dan hiasan itu, hama mungkin saja merayap di pohon Natal, khususnya pohon Natal asli dari pohon pinus dan cemara.

Untuk menjaga pohon Natalmu dalam kondisi prima selama Natal dan tahun baru, pelajari cara mengidentifikasi hama pohon Natal yang umum dan cara mencegah mereka, dilansir dari Bob Vila, Senin, (21/12/2020).

Pencegahan hama: goyangkan pohon Natalmu

Langkah pertama dalam mencegah hama menyusup ke pohon Natal dan mendatangkan malapetaka di rumahmu adalah mengambil tindakan pencegahan saat pohonmu masih di luar ruangan.

Baca juga: 6 Cara Aman Merayakan Natal di Tengah Pandemi

Pastikan untuk menggoyangkan pohon Natal dengan kuat sebelum membawanya masuk. Ini tidak hanya akan menghilangkan hama yang tersembunyi, tetapi juga daun pinus yang lepas dan kotoran.

Periksa adelgid

Sumber makanan yang disukai untuk adelgid atau serangga kecil adalah getah tumbuhan runjung seperti cemara dan pinus, dengan kata lain, pohon jenis Natal.

Carilah serangga ini yang menyerupai filamen lilin seperti kapas atau menyerupai debu salju di batang dan cabang pohon Natalmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com