Kompas.com - 22/12/2020, 07:50 WIB
Ilustrasi tanaman christmas cactus atau kaktus natal. SHUTTERSTOCK/NADEZHDA NESTEROVAIlustrasi tanaman christmas cactus atau kaktus natal.

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain pohon cemara, untuk menyambut Natal, kaktus bisa menjadi pilihan lainnya.

Kaktus natal atau christmas cactus ini berasal dari hutan Brazil yang teduh dan lembap, sehingga membutuhkan tanah yang memiliki drainase yang baik.

Saat ingin menanam kembali, pilih pot yang memiliki ukuran lebih besar sekitar 1 hingga 2 inci. Jika kaktus memiliki kaki panjang atau cabang mulai berguguran karena tidak dapat menopang beratnya sendiri, Anda dapat memangkasnya dengan memotong dua bagian cabang yang menyatu.

Baca juga: Baru Mau Mengoleksi Tanaman Hias? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Dilansir dari Country Living, Selasa (22/12/2020), kaktus natal memiliki spesies yang berbeda dengan kaktus Thanksgiving atau Schlumbergera truncata. 

Kaktus Thanksgiving mekar di akhir musim gugur, sementara kaktus Natal atau Schlumbergera bridgesii mekar sekitar sebulan kemudian.

Ada juga kaktus paskah atau Rhipsalidopsis gaertneri, yang berbunga di akhir musim dingin hingga awal musim semi. Untuk bentuknya pun berbeda, kaktus Thanskgiving memiliki tepi bergerigi, sementara kaktus natal memiliki tepi lebih bulat.

Karakteristik kaktus natal

Kaktus natal membutuhkan sinar matahari yang cerah namun tidak langsung, karena mereka akan terbakar di bawah sinar matahari langsung.

Baca juga: Jenis-jenis Tanaman Lidah Mertua, Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Jika kaktus ada di dalam ruangan, letakkanlah di ruangan dekat jendela menghadap barat atau selatan, pastikan melapisinya dengan tirai tipis.

Mereka menyukai kelembaban, jadi jika kaktus diletakkan di dalam rumah saat musim dingin letakkan di atas nampan kerikil atau di dekat tanaman lain.

Umumnya, kaktus natal membutuhkan lebih sedikit air selama cuaca sejuk dan lebih memerlukan banyak air di cuaca panas. Untuk itu, rendam tanaman hingga ke akarnya, namun buang air setelah beberapa menit, agar tanaman tidak terendam air.

Agar kaktus tumbuh subur, pupuk setiap bulan Juni hingga Agustus dengan pupuk tanaman hias.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X