Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hama yang Mungkin Mengintai di Pohon Natal dan Cara Menyingkirkannya

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran pohon Natal, baik itu yang asli maupun yang palsu, menjadi sebuah simbol perayaan Natal yang dapat mengubah dekorasi rumahmu menjadi layaknya negeri ajaib nan meriah.

Tapi semua kemegahan dari pohon Natal ada harganya. Kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam merangkai lampu dan memasang dekorasi Natal.

Mungkin, kamu bahkan harus memindahkan furnitur untuk memberi ruang untuk pohon Natal. Dengan semua pekerjaan dan cinta yang kamu tuangkan ke pohon Natalmu, kamu pasti ingin pohon itu tetap sehat dan menarik.

Namun, ada kemungkinan bahwa kamu bukan satu-satunya yang mengagumi pohon Natal milikmu di rumah.

Di balik semua ornamen, lampu, dan hiasan itu, hama mungkin saja merayap di pohon Natal, khususnya pohon Natal asli dari pohon pinus dan cemara.

Untuk menjaga pohon Natalmu dalam kondisi prima selama Natal dan tahun baru, pelajari cara mengidentifikasi hama pohon Natal yang umum dan cara mencegah mereka, dilansir dari Bob Vila, Senin, (21/12/2020).

Pencegahan hama: goyangkan pohon Natalmu

Langkah pertama dalam mencegah hama menyusup ke pohon Natal dan mendatangkan malapetaka di rumahmu adalah mengambil tindakan pencegahan saat pohonmu masih di luar ruangan.

Pastikan untuk menggoyangkan pohon Natal dengan kuat sebelum membawanya masuk. Ini tidak hanya akan menghilangkan hama yang tersembunyi, tetapi juga daun pinus yang lepas dan kotoran.

Periksa adelgid

Sumber makanan yang disukai untuk adelgid atau serangga kecil adalah getah tumbuhan runjung seperti cemara dan pinus, dengan kata lain, pohon jenis Natal.

Carilah serangga ini yang menyerupai filamen lilin seperti kapas atau menyerupai debu salju di batang dan cabang pohon Natalmu.


Periksalah kutu daun

Kutu daun adalah hama tanaman umum yang juga dapat menyerang pohon Natal. Mereka mirip dengan kutu, tetapi dengan 6 kaki, bukan 8.

Kutu daun bisa berwarna hitam, coklat, merah, atau hijau, dan bahkan mungkin memiliki sayap. Cari mereka di dahan bawah pohon Natalmu.

Periksalah untuk kumbang kulit kayu

Kumbang sial ini membuat lubang sangat kecil di cabang dan di batang, dan mereka meninggalkan puing-puing seperti serbuk gergaji di sekitar bagian bawah pohon.

Kumbang kulit bisa berwarna merah, coklat, atau hitam, dan ukurannya sekecil beras.

Periksalah untuk tungau

Sama seperti hama kecil lainnya, tungau dapat menyebabkan daun pohon cemara maupun pinus jatuh secara prematur, dan meninggalkan noda merah kecil pada ornamen, rok pohon Natal, atau karpet.

Tungau suka menempel di pohon dan memangsa telur serangga, sehingga bisa memberikan kekacauan pada pohon Natal.

Periksa laba-laba

Seperti tungau, laba-laba tertarik pada pohon Natal karena banyaknya serangga lezat yang mereka tawarkan. Periksa pohon Natalmu untuk mencari jaringnya, yang mereka gunakan untuk menangkap mangsanya.

Periksalah psocids

Psocids merupakan jenis serangga yang mirip dengan kutu yang mampu menyusup ke pohon Natal untuk mencari jamur, serbuk sari, atau serangga mati untuk dimakan.

Serangga kecil ini juga dikenal sebagai kutu kulit kayu. Psocids biasanya berwarna abu-abu atau coklat.

Pangkas pohon Natalmu

Saat kamu memeriksa pohon Natalmu yang asli, berikan perhatian khusus pada batang dan bagian bawah cabang. Pangkas semua cabang yang mati dan yang menunjukkan tanda-tanda hama.

Biarkan pohon Natal diletakkan di garasi

Setelah kamu menggoyangkan dan memeriksanya dari hama, serta memangkas predator apa pun, letakkan pohon Natal di garasi selama 48 jam atau lebih.

Hal ini akan memberikan kesempatan bagi hama yang tersembunyi untuk bangkit dari dormansi dan meninggalkan pohon. Pastikan untuk membersihkan hama yang jatuh di garasimu.

Taburi dengan tanah diatom

Setelah pohon Natalmu bebas hama, obati dengan alternatif pestisida seperti tanah diatom. Taburkan banyak-banyak, diamkan selama satu jam, lalu buang kelebihannya.

Sekarang kamu dapat membawa pohon Natal ke dalam rumah, dan menyatukannya dengan dekorasi yang cantik untuk memeriahkan perayaan Natal.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/21/175000876/hama-yang-mungkin-mengintai-di-pohon-natal-dan-cara-menyingkirkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke