Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/12/2021, 14:06 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah kamu tipe orang yang menyukai hal praktis? Ataukah kamu menyukai hal yang berbau kreatif dan unik?

Untuk memilih tanaman hias, kamu bisa menyesuaikan jenis tanaman dengan kepribadianmu. Selain dapat menentukan tanaman yang tepat, kesamaan karakteristik dan kebiasaan manusia dengan tanaman hiasnya membuat tanaman mendapatkan perawatan yang tepat pula.

Misalnya saja kamu adalah tipe orang yang suka jalan-jalan dan berlibur, kamu bisa memilih tanaman yang minim perawatan sehingga tidak mudah mati saat ditinggal berpergian.

Melansir dari Urban Garden Gal, Rabu (29/12/2021), berikut ini adalah jenis tanaman terbaik yang sesuai dengan karaktermu.

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memelihara Tanaman Lidah Mertua di Rumah

Lidah Mertua untuk kamu yang minimalis

Jika kamu termasuk orang yang menukai hal minimalis, tanaman lidah mertua cocok untukmu. Tanaman ini juga dikenal sebagai tanaman hias yang sangat minim perawatan untuk itu kamu tidak perlu repot-repot merawatnya. Tanaman ini mentolerir cahaya rendah dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk tumbuh.

Lucky bamboo untuk kamu yang percaya feng shui

Jika kamu seringkali menghindari berjalan di bawah tangga dan membuka payung di dalam ruangan, jenis tanaman lucky bamboo adalah yang paling cocok untukmu.

Menurut feng shui, tanaman ini adalah simbol keberuntungan dan dapat membawa keberuntungan bagi hunianmu.

Perhatikan pula jumlah bambu yang ada di dalam potmu, untuk menghindari nasib buruk hindari menanam 4 batang bambu di dalam satu pot yang sama.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Terbaik untuk Dekorasi Kamar Mandi

Pothos untuk kamu yang santai dan go with the flow

Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.SHUTTERSTOCK Golden pothos adalah salah satu tanaman dalam ruangan yang baik untuk kesehatan karena dapat membantu menghilangkan bahan kimia seperti benzena dan triklorometil dari udara.

Tanaman ini seringkali digunakan sebagai tanaman hias didalam ruangan untuk menambah kesan sejuk.

Kamu bisa menanamnya dengan media tanah atau air, lalu letakkan di tempat-tempati bersantai seperti teras, ruang baca atau ruang keluarga. Tanaman ini juga minim perawatan sehingga cocok untuk mu yang santai.

Baca juga: Cerita Sang Ayah Tegur Asnawi Usai Pertandingan Lawan Singapura: Apa Motivasimu Seperti Itu?

Air plant untuk kamu yang berjiwa bebas

Jika kamu seringkali keluar untuk mencari petualangan baru, tanaman yang cocok untuk menghiasi rumahmu adalah air plant.

Tanaman ini tidak membutuhkan air atau tanah untuk tumbuh, ia menyerap kelembaban dan nutrisi dari daunnya. Kamu hanya perlu merendam akarnya seminggu sekali.

Baca juga: 5 Tanaman yang Cocok Diletakkan di Kamar Tidur

Bromeliad untuk kamu yang ekstrovert

Bromeliad memiliki daun modifikasi bernama bracts yang memiliki warna cerah dan mencolok. Tanaman ini suka kelembaban, untuk itu saat udara panas kamu bisa memberikan semprotan air pada bagian daun agar tetap lembab dan segar.

Bunga matahari untuk kamu yang ceria

Jika kamu adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang ceria, ceria dan optimis, Bunga Matahari adalah tanaman yang cocok untukmu.

Bunga matahari dapat ditanam langsung di kebun atau ditanam di pot yang dalam dan ditempatkan di balkon atau di depan jendela yang cerah dan terkena sinar matahari langsung.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memilih Pot untuk Tanaman

Aloe Vera untuk kamu yang keras dengan hati yang lembut

Sama seperti kepribadianmu yang keras di luar namun memiliki hati yang lembut di dalam, aloe vera memiliki permukaan luar yang berduri namun mengandung gel yang lembut di alam.

Tanaman ini termasuk dalam sukulen yang memiliki manfaat baik untuk kulit yang infeksi dan terbakar. Perawatannya cukup mudah, ia dapat tumbuh dengan baik di tempat yang terang di dekat jendela.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com