Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Meletakkan Tanaman Hias Dekat AC, Ini Alasannya

Kompas.com - 27/12/2021, 10:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun Anda mungkin menikmati istirahat yang sejuk dari panas dan kelembapan, menyalakan AC saat cuaca panas dapat merusak tanaman hias kesayangan Anda.

Sama halnya dengan pencahayaan, mengendalikan hama, penyiramanan, iklim tanaman di sekitar AC juga penting untuk diperhatikan. 

Melansir dari Well and Good, Senin (27/12/2021), ketika berbicara tentang budidaya tanaman, Manuel Diaz dari East Coast Camanchaca, sebuah laman yang membahas tentang beragam tanaman kaktus, mengatakan Anda harus mempertimbangkan satu prinsip sebelum yang lain.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.UNSPLASH/ANNIE SPRATT Ilustrasi tanaman hias di dalam ruangan, tanaman hias indoor.

"Tanaman berevolusi untuk ada di satu lokasi sepanjang umurnya. Itu berarti mereka tidak beradaptasi dengan perubahan mendadak. Ini berlaku untuk segala hal mulai dari jumlah paparan cahaya, air dan kekeringan, hingga suhu," kata Diaz. 

Tanaman dapat beradaptasi dengan suhu rumah Anda dan berkembang, tetapi penurunan suhu yang tiba-tiba dari AC Anda pasti akan berdampak buruk pada tanaman.

Mode fan pada AC

Beberapa tanaman dapat menangani perubahan suhu dari AC lebih baik daripada yang lain, dan namun dengan catatan, AC dinyalakan dengan mode fan atau kipas angin.

Menurut Diaz, tidak ada jenis tanaman yang aman jika diletakkan langsung di aliran udara AC.

Baca juga: Bebas Kotor, 5 Tanaman Hias ini Bisa Ditanam di Dalam Air

"Hal ini dapat menyebabkan daun menguning dan kecoklatan, serta bercak," terang Diaz.

Bahkan bisa menyebabkan pembusukan pada tanaman kaktus dan sukulen. Namun tidak seperti menangani masalah tanaman lainnya, solusi yang satu ini sangat sederhana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com