Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias untuk Mempercantik Rumah di Hari Natal

Kompas.com - 23/12/2021, 21:10 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada beberapa bunga, semak, pohon, dan tanaman hias yang sering ditanam dan dihadiahkan. Tanaman ini sangat bervariasi dalam hal penampilan juga perawatan.

Sebagian dari tanaman hias ini dapat disimpan sebagai tanaman pot di dalam ruangan sementara yang lain adalah pohon tinggi dan semak yang membutuhkan tempat yang luas seperti pekarangan atau kebun.

Namun, kelima tanaman ini berhasil memberikan kemeriahan terutama dalam hal dekorasi di Hari Natal. Berikut ini tujut tanaman hias yang cocok untuk mempercantik ruangan di Hari Natal, dilansir dari The Spurce pada Kamis (23/12/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Rumah di Hari Natal

Kastuba

Tanaman subtropis asli Meksiko, katsuba telah berevolusi menjadi simbol Natal karena warna merah dan hijau yang meriah.

Selain itu, bentuk bunga katsuba juga melambangkan bintang Betlehem. Pastikan untuk tidak menyirami tanaman ini berlebihan karena mereka rentan terhadap busuk akar.

Siram saat 2 inci bagian atas tanah jika terasa kering dan pastikan wadah memiliki drainase yang memadai.

Katsuba juga membutuhkan banyak sinar matahari yang terang dan tersaring, sehingga mereka tidak tumbuh berkaki panjang.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Natal dengan Warna Biru dan Putih

Semak American Holly

Semak holly akan tetap hijau meskipun dengan atau tanpa perawatan. Cabang-cabang batangnya dipenuhi dengan buah beri merah cerah saat Natal tiba sehingga akan jadi dekorasi pekarangan rumah yang cantik dan indah.

Pada zaman kuno, holly dianggap sebagai keberuntungan karena tidak pernah mati, sehingga orang akan mengirim karangan bunga holly ke teman, keluarga.

Pastikan Anda menanamnya di tanah yang dikeringkan dengan baik, karena holly tidak mentolerir genangan air. Juga, tanah harus asam, karena pH tanah yang basa dapat menyebabkan daun menguning.

Baca juga: 7 Ide Dekorasi Natal yang Hemat Anggaran dan Penuh Gaya

American mistletoe

Ilustrasi tanaman kaktus Mistletoe.SHUTTERSTOCK/KHURUZERO Ilustrasi tanaman kaktus Mistletoe.

Meskipun tanaman ini diklasifikasikan dalam parasit karena menempel pada pohon lain sebagai inangnya, tapi tanaman yang satu ini terkenal dengan keindahannya.

Tanamannya selalu hijau segar dan akan berbuah beri putih. Tanaman mistletoe membutuhkan perawatan yang sangat minim, tetapi Anda harus memulai dengan pohon inang yang sehat dan kuat untuk menyuburkannya.

Baca juga: Perhatikan, 5 Kesalahan dalam Menghias Pohon Natal

Yew

Semak yew, dengan buah beri merah cerah dan dedaunan hijau, adalah tanaman yang tumbuh lambat dan perawatannya rendah.

Mereka dapat digunakan sebagai pohon Natal alternatif, dan tangkainya dapat dijadikan sebagai dekorasi Natal yang indah.

Baca juga: 9 Ide Dekorasi Meja Makan untuk Perayaan Natal di Rumah

Ivy

Ivy, dengan daunnya yang berbentuk seperti bintang, ini merupakan tanaman hias Natal yang melambangkan pertumbuhan dan membawa keberuntungan dalam mengusir roh jahat.

Ivy adalah cara populer untuk menghias karangan bunga Natal, dan tetap hijau sepanjang tahun.

Ivy memiliki pertumbuhan yang kuat, jadi banyak perawatan yang melibatkan pemangkasan agar ia tumbuh di tempat yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com