Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Menggunakan Minyak Eucalyptus untuk Membersihkan Area Rumah

Kompas.com - 19/12/2021, 19:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Eucalyptus sudah digunakan selama ratusan tahun tak hanya sebagai obat-obatan namun juga digunakan dalam rumah tangga.

Minyak eucalyptus efektif digunakan untuk bersih-bersih rumah karena kandungannya dapat membunuh bakteri dan mikroorganisme.

Selain itu, eucalyptus juga dapat memberikan keharuman alami. Wangi daun eucalyptus dapat membuat ruangan menjadi lebih segar dan harum. Tak heran jika daun ini sering digunakan sebagai pengharum kamar mandi.

Melansir dari Katrina Lee Chambers, minggu (19/12/2021), berikut 5 cara menggunakan eucalyptus di area rumah.

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah dan Kucing Peliharaan agar Tak Memicu Alergi

Menghilangkan bau pesing di toilet

Jika rumahmu berisi anggota keluarga yang lumayan banyak, kebersihan kamar mandi bisa jadi tidak terkontrol. Hal ini membuat bau pesing melekat di area toilet.

Untuk mengatasi ini, kamu bisa menggunakan spray minyak eucalyptus dengan cara mencampurkan 10 tetes minyak eucalyptus dan satu cangkir air kedalam botol spray.Semprotkan pada ubin dan dudukan di toilet. Dengan begini kamar mandi akan kembali segar.

Baca juga: Membersihkan Rumah Ternyata Bisa Mengurangi Stres dan Cemas

Menghilangkan residu sticker, lem dan permen karet

Eucalyptus sangat ampuh untuk membersihkan permukaan yang lengket. Jika kamu memiliki residu stiker yang lengket di wadah kaca ataupun plastik, gunakan 1-2 tetes minyak esensial eucalyptus pada kain lalu gosokkan pada bagian yang lengket.

Kamu juga bisa menggunakannya untuk melepaskan sisa permen karet yang menempel di rambut dan furniture dan bekas kerajinan tangan seperti lem dan cat akrilik.

Baca juga: Ragam Manfaat Tak Terduga dari Membersihkan Rumah

Menghilangkan noda di peralatan dapur

Ilustrasi tanaman eucalyptusUnsplash/Helena Hertz Ilustrasi tanaman eucalyptus

Peralatan dapur berbahan stainless steel seringkali meninggalkan bekas kotoran dan sidik jari. Untuk membuatnya kembali berkilau, tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke kain yang sudah dibasahi.

Gosokkan pada panci dan peralatan dapur berbahan stainless steel lainnya. Selain itu kamu juga bisa menggunakannya untuk membersihkan permukaan kompor, keran air, dan gagang lemari.

Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Membersihkan Rumah yang Harus Dihentikan

Membersihkan lantai

Untuk menggunakan minyak eucalyptus saat membersihkan lantai, larutkan beberapa tetes minyak eucalyptus ke dalam seember air panas.

Gunakan 20-25 tetes dalam ember berisi air panas atau 10-15 tetes dalam botol semprot 500 ml dapat membantu menjaga lantai rumah tetap terlihat segar.

Eucalyptus mengandung desinfektan alami yang ampuh membersihkan lantai dan memberikan keharuman pada rumah.

Baca juga: Menyambut Natal, Ini 7 Tips Membersihkan Rumah dengan Mudah dan Cepat

Mencuci baju

Jika cucian baju selalu berbau apek, coba pertimbangkan untuk menambahkan beberapa tetes minyak eucalyptus saat mencuci baju.

Selain membuat cucian menjadi lebih segar, eucalyptus juga ampuh mengangkat minyak di pakaian dan membunuh tungau pada sprei.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com