Kompas.com - 28/11/2021, 16:22 WIB
Ilustrasi kucing melahirkan, kucing usai melahirkan. SHUTTERSTOCK/JULI_LI_PHOTOGRAPHERIlustrasi kucing melahirkan, kucing usai melahirkan.

JAKARTA, KOMPAS.com- Anak kucing yang baru lahir adalah makhluk yang lembut, dan induk kucing mereka biasanya tahu persis apa yang harus dilakukan agar mereka tetap sehat dan nyaman.

Bahkan pemilik kucing pun hanya perlu berada di sekitar mereka dan memberikan uluran tangan ketika dibutuhkan atau saat ada masalah.

Mengurus anak kucing ini bukanlah hal yang dilakukan oleh kucing jantan. Lantas, haruskah ayah kucing dijauhkan dari anak kucing yang baru lahir? Melansir dari The Nest Pets, pada Minggu (28/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Ada Program Steril Kucing Jantan Bersubsidi, Biaya Rp 100.000

Maternal Care (Perawatan Induk Kucing)

Dalam dunia kucing domestik, ayah tentu tidak memiliki peran besar dalam menjaga anak-anaknya. Tugas merawat anak kucing ada di pundak induk kucing.

Dari menyusui bayi kecil hingga sang anak bisa berlari dan berburu untuk mencari makanannya sendiri.

Pada dasarnya, induk kucing melakukan semua pekerjaan dalam membesarkan anak-anak mereka.

Tujuan kucing jantan berbeda, yakni untuk memindahkan DNA mereka ke mana-mana dan menjaga karakteristik mereka tetap hidup dan kuat untuk generasi mendatang.

Baca juga: 4 Perilaku Umum yang Dimiliki Kucing Jantan

Paternal Care (Perawatan Ayah Kucing)

Meskipun ibu kucing melakukan sebagian besar pekerjaan dalam mengelola tandu, ayah kucing, jika ada, kadang-kadang menghabiskan waktu dengan anak-anaknya, meskipun tidak sering.

Ia kadang tidak hanya terlibat dalam sesi bermain yang menyenangkan dengan bulu-bulu kecil, mereka juga kadang-kadang membantu merawat mereka, menjilati mereka untuk menjaga kebersihan anak-anaknya. Namun demikian, hal ini sangat jarang terjadi.

Baca juga: Apa Manfaat Mensterilkan Kucing Jantan?

Peringatan

Meskipun beberapa ayah kucing mungkin sama sekali tidak berbahaya di sekitar anak kucing mereka yang baru lahir, namun akan lebih bijaksana apabila menjauhkan mereka untuk alasan kewaspadaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.