Kompas.com - 28/11/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi anggrek bulan. SHUTTERSTOCK/ELENA BUSLAEVAIlustrasi anggrek bulan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggrek bulan adalah salah satu jenis anggrek populer yang banyak digemari karena kecantikannya. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dalam ruangan dan mekar selama delapan minggu.

Dengan perawatan yang tepat, tanaman anggrek bulan dapat mekar lagi dalam beberapa bulan. Namun, seringkali batang tanaman anggrek berubah warna menjadi cokelat setelah bunganya selesai mekar.

Batang cokelat pada semua jenis tanaman dapat menyebabkan kekhawatiran, tetapi itu adalah bagian normal dari siklus hidup setiap anggrek bulan.

Baca juga: Cara Merawat Anggrek Cymbidium, Cantik Saat Cuaca Dingin

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Minggu (28/11/2021), berikut penyebab batang anggrek berubah warna menjadi cokelat dan cara mengatasinya.

Ilustrasi anggrek bulan. PIXABAY/NATASHAG Ilustrasi anggrek bulan.

Penyebab batang anggrek menjadi cokelat

Ketika anggrek bulan menyelesaikan siklus mekarnya, ia mulai memberikan energi untuk membentuk akar baru dan produksi daun baru untuk mendukung batang baru yang akan tumbuh.

Pada tahap ini, batang tua tidak menerima energi dan berubah menjadi cokelat saat mati.

Meskipun batang mungkin tidak berubah menjadi coklat sepanjang panjangnya, warna cokelat adalah sinyal bagi penanam untuk mengambil tindakan untuk mendorong anggrek bulan untuk mekar kembali.

Baca juga: Menyiram Anggrek dengan Es Batu, Apa Manfaat dan Seberapa Efektif?

Cara menanganinya

Pakar anggrek terbagi dalam hal memotong batang cokelat atau membiarkan bagiannya tetap ada. Memotong batang cokelat anggrek bulan ke pangkal tanaman mendorong anggrek untuk menghasilkan batang lain.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.