Kompas.com - 20/11/2021, 21:43 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama halnya dengan manusia, kucing juga memiliki masa subur di dalam siklus kehidupannya. Ketika kucing berada di puncak kesuburan, mereka bisa hamil dan melahirkan empat  hingga enam ekor anak.

Masa subur kucing betina ini bisa datang setiap tiga minggu sekali, sehingga akan ada banyak peluang bagi kucing betina untuk hamil. 

Melihat hal tersebut, Rumah Singgah Clow bersama dengan Dinas KPKP Jakarta, Amore Animal Clinic, dan Natha Satwa Nusantara menyelenggarakan sterilisasi kucing bersubsidi. Acara steril kucing ini untuk memperingati Hari Rabies Sedunia.

 

Baca juga: 6 Alasan Kucing Tidak Suka Ekornya Disentuh

"Kami di-support oleh Dinas KPKP Jakarta dan bekerja sama dengan Natha Satwa Nusantara dan untuk sterilnya menggandeng Amore Clinic, yakni salah satu klinik hewan yang ada di Jakarta," jelas Bimbim, pendiri Rumah Singgah Clow kepada Kompas.com, Sabtu (20/11/2021). 

Diakui Bimbim, program steril kucing bersubsidi ini memiliki tujuan untuk mencegah over populasi dan pencegahan rabies. Biasanya, acara seperti ini diadakan selama setahun dua hingga tiga kali oleh Rumah Singgah Clow sendiri.

"Biasanya acara seperti ini kami lakukan setiap dua hingga tiga kali dalam setahun, dengan menggandeng pihak swasta seperti Amore Clinic dan Natha Satwa Nusantara. Jika dengan pemerintah, biasanya diadakan saat memperingati hari besar seperti hari rabies sedunia ini," ujar Bimbim. 

Di bawah harga standar dan ditangani profesional

Untuk acara steril bersubsidi ini sendiri, Bimbim menjelaskan pemilik kucing akan membayar dengan harga di bawah standar namun ditangani dengan profesional.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Induk Kucing yang Tak Mau Menyusui Anaknya

"Kami melihat respon pendaftarannya ini sangat luar biasa. Untuk pendaftarannya tidak ada pendaftaraan khusus, seperti KTP domisili dan di kota mana pun bebas, yang terpenting bisa ke tempat sterilisasi yang sudah disesuaikan," papar Bimbim. 

Namun, ada persyaratan untuk kucingnya, yakni kucing harus sehat, berusia minimal enam bulan dan memiliki berat badan di atas 1 kg.

Bimbim juga menjelaskan, jenis dan ras kucing yang didaftarkan tidak dibatasi untuk mengikuti acara steril ini. Akan tetapi, untuk acara kali ini, pihaknya membatasi kuota kucing yang disteriliasi, yakni khusus kucing jantan dan maksimal 200 kucing. 

Ketika ditanya mengapa dikhususkan untuk kucing jantan, Bimbim memaparkan jika satu kucing jantan bisa menghamilii banyak kucing betina, sehingga akan menjadikan populasi kucing terus menerus banyak dan tidak terkendali.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.