Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Memperkenalkan Kucing Baru ke Kucing Peliharaan di Rumah

Kompas.com - 20/11/2021, 09:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kucing yang hidup bebas dan liar menjalani kehidupan yang kompleks.

Mereka mempertahankan wilayah yang jauh lebih besar daripada yang disadari kebanyakan orang, dan wilayah ini sering berisi berbagai lingkungan, seperti hutan, lahan pertanian, taman kota, dan pekarangan.

Di dalam wilayah ini, kucing menjelajah, berburu, dan mengais makanan sendirian. Mereka hanya sesekali berinteraksi dengan kucing lain.

Baca juga: Bahayakah Kucing Makan Tulang Ayam?

 

Mereka tidak hidup berkelompok atau bahkan berpasangan, dan mereka tidak mencari kontak dengan kucing lain.

Bahkan, mereka secara aktif menghindarinya. Mempertimbangkan perilaku alami kucing ini, tidak mengherankan bahwa akan sangat sulit untuk memasukkan kucing baru ke dalam wilayah kucing yang sudah dihuni sebelumnya, meskipun itu adalah rumah Anda sendiri.

Lalu, bagaimana mengenalkan kucing baru ke kucing peliharaan Anda di rumah? Melansir dari Paws pada Sabtu (20/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Suka Memijat

Mengontrol kesan pertama

Kesan pertama yang dibuat kucing baru saat bertemu dengan kucing Anda sangatlah penting. Jika dua kucing menunjukkan agresi selama pertemuan pertama mereka, ini dapat mengatur mood untuk hubungan mereka di masa depan.

Untuk alasan ini, sebaiknya pisahkan kucing Anda dari kucing baru saat pertama kali membawanya pulang, sehingga mereka dapat mengontrol diri di pertemuan pertama.

Kedua kucing harus bisa mencium dan mendengar, tetapi tidak melihat atau menyentuh satu sama lain.

Setelah dua hingga tiga hari, ganti lokasi kucing sehingga mereka dapat menyelidiki bau satu sama lain. Ini juga memungkinkan kucing baru untuk menjelajahi bagian berbeda dari rumah Anda.

Baca juga: 4 Alasan Kucing Suka Memijat

Membiarkan kucing melihat satu sama lain

Setelah sekitar satu minggu, dengan asumsi bahwa Anda tidak melihat tanda-tanda agresi seperti desis, geraman dan lainnya. 

Anda dapat memperkenalkan kucing satu sama lain. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kandang transparan sehingga mereka bisa saling melihat.

Mintalah seorang teman atau anggota keluarga untuk membantu Anda dalam proses pengenalan ini.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Membiarkan kucing menghabiskan waktu bersama

Tahap selanjutnya adalah mengizinkan kucing menghabiskan waktu bersama tanpa penghalang di antara mereka. Awasi interaksi tatap muka awal ini dengan cermat.

Adalah baik untuk membawa kucing bersama-sama ketika mereka cenderung relatif tenang, seperti setelah makan atau bermain.

Siapkan botol semprot untuk berjaga-jaga jika kucing mulai berkelahi. Saat kucing menjadi lebih akrab satu sama lain, beri mereka waktu yang lebih lama untuk bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com