Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips agar Kucing Tak Terbiasa Menggigit Pemiliknya

Kompas.com - 18/11/2021, 13:13 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com-- Menggigit dan mencakar adalah bagian dari permainan kucing. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat mencegah kucing menggigitmu.

Hewan peliharaan ini dapat menyesuaikan permainan mereka melalui pembelajaran, seperti spesies mamalia lainnya.

Perilaku menggigit pada kucing

 

Menggigit, untuk kucing, memiliki beberapa kegunaan yakni, berburu, mengangkut benda, membela diri, makan, dan bermain dll.

Namun, ketika gigitan diulang dan fokus pada manusia yang tinggal bersama mereka, mereka perlu dianalisis untuk memperbaiki perilaku ini.

Baca juga: Alasan Mengapa Kucing Benci Air

Berikut adalah beberapa alasan kucing menggigit pemiliknya:

  • Bermain: Kucing bermain berburu, dan menggerakkan tangan atau kaki sering kali merupakan kandidat yang baik untuk berlatih bersama mangsa fiktif.
  • Penyebab organik: Peningkatan agresivitas dan gigitan yang tidak biasa dapat menjadi indikasi rasa sakit atau penyakit pada kucing. Patologi harus disingkirkan sebelum mendiagnosis perilaku ini.
  • Ketakutan atau stres: Seekor kucing yang terus-menerus ketakutan, cemas, atau stres akan menjadi kucing yang menggaruk dan menggigit saat melihat gerakan yang seharusnya dikenali sebagai tidak berbahaya.
  • Pengalaman traumatis: Kucing yang telah dilecehkan atau diambil dari jalan, misalnya, cenderung mengembangkan agresi. Sosialisasi kucing yang buruk juga menyebabkan jenis perilaku ini.

Seperti yang kamu lihat, tidak satu pun dari penyebab ini mencerminkan kepribadian kucing. Meskipun benar bahwa beberapa kucing lebih mandiri daripada yang lain, menghormati ruang mereka tidak akan pernah menjadi pemicu untuk menggigit atau agresif.

Seperti halnya metode yang benar-benar efektif untuk mengubah perilaku hewan, hukuman bukanlah pilihan. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kucing menggigit pemiliknya tanpa menggunakan kemarahan atau kekerasan.

Berikut adalah lima tips agar kucing tak terbiasa menggigit pemiliknya seperti dilansir dari My Animals, Kamis (18/11/2021).

Baca juga: 5 Fakta tentang Kecerdasan Kucing yang Sebaiknya Kamu Tahu

1. Manfaat bermain tenang

Permainan yang tenang memungkinkan kamu mengalihkan fokus perhatian kucing ke sesuatu selain kamu, seperti mainan. Hal ini, sangat membantu dalam menjaga tingkat kecemasan kucing dalam batas yang sehat.

Menggunakan gadget jenis pancing, yang memungkinkan mereka untuk berburu sesuatu yang bukan manusia, atau bikan pemiliknya.

Ini mendorong kucing untuk bermain tanpa menjadikan kamu sebagai mainannya. Pengayaan penciuman atau tantangan kecerdasan melengkapi permainan yang tenang dengan baik, membuat kucing sibuk dan menghindari stres.

2. Hindari memperkuat perilaku menggigit

Jika kucing terbiasa menggigitmu saat bermain dengannya, penting bagimu untuk memberi tahu mereka bahwa tangan bukan mainan atau mangsa.

Untuk menetapkan batas ini, biasanya cukup untuk menghentikan permainan saat menggigitmu.

Tidak perlu memarahi atau mengatakan apa pun, karena kamu hanya harus konsisten dengan pedoman ini.

Baca juga: 7 Cara Menunjukkan Cinta pada Kucing

3. Ciptakan lingkungan yang tenang dan aman

Jika kucing mengembangkan perilaku ini sebagai akibat dari perubahan mendadak dalam rutinitasnya, mungkin lingkungan mengandung beberapa elemen stres yang mengganggunya.

Identifikasi apa itu dan hilangkan, dengan tujuan menciptakan lingkungan yang mendukung ketenangan saat bermain.

4. Mencegah kucing menggigitmu juga merupakan masalah sosialisasi

Saat kamu mengadopsi anak kucing, sangat mungkin mereka akan menghabiskan masa sosialisasinya denganmu.

Jika mereka tinggal dengan kucing lain, mereka akan mengajari mereka seberapa jauh Anda bisa menggigit sambil bermain, tetapi jika itu satu-satunya kucing, maka kamu harus mengajarinya.

Halaman:
Sumber My Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com