Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/11/2021, 17:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat rumah yang tertata rapi dan bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi? Tidak ada cara mudah atau jalan lintas agar rumah selalu tertata rapi.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (20/11/2021), Anda butuh perencanaan, dedikasi, dan sistem yang tepat. Ada beberapa cara mudah untuk mewujudkan rumah yang selalu tertata rapi.

Pakar penataan rumah profesional Rachel Rosenthal memberikan beberapa tipsnya untuk Anda.

Baca juga: Simak, 4 Tips Membuat Dapur Bersih dan Rapi

1. Realistis tentang sistem penataan rumah

Kunci untuk rumah yang tertata dengan baik adalah rencana dan dedikasi untuk mematuhinya. Siapa pun dapat merencanakan sistem organisasi yang rumit, tetapi jika itu tidak berhasil untuk Anda dan keluarga, itu tidak ada gunanya.

Menurut Rosenthal, penting untuk bersikap realistis tentang bagaimana Anda dan keluarga menciptakan sistem pengorganisasian berdasarkan cara hidup Anda.

Tentu, sistem lemari yang rumit atau penyimpanan sepatu terdengar bagus secara teori, tetapi jika keluarga benar-benar hanya membutuhkan keranjang di pintu belakang untuk sepatu, lebih baik tetap menggunakan yang sederhana.

2. Merapikan rumah

Sebelum Anda dapat mengatur ruang apa pun, Anda perlu memastikan bahwa Anda hanya memiliki apa yang dibutuhkan.

Baca juga: 5 Tips Mencitpakan Kamar Tidur Anak yang Nyaman dan Rapi

Rumah yang berantakan hanya akan lebih sulit diatur, jadi fokuslah untuk menyimpan barang-barang yang benar-benar Anda butuhkan dan sumbangkan apa yang tidak Anda butuhkan.

Dedikasikan satu hari atau mungkin beberapa hari untuk menelusuri laci, lemari, gudang, dan dapur Anda. Fokus hanya pada barang-barang yang telah Anda pakai, gunakan, atau dikonsumsi baru-baru ini.

3. Gunakan sistem kalender untuk merapikan rumah

Salah satu kegagalan terbesar untuk mewujudkan rumah rapi adalah kesibukan kita. Karena padatnya aktivitas, kebanyakan dari kita jarang ingat untuk merapikan lemari atau membersihkan dapur setiap bulan.

Rosenthal menyarankan untuk menjadwalkan hari-hari Anda, bahkan tugas sehari-hari yang biasa-biasa saja.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com