Kompas.com - 20/11/2021, 16:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Bukan rahasia lagi bahwa kucing tidak suka air. Meskipun mereka membersihkan diri dengan lidah mereka, kucing tetap membutuhkan kebersihan ekstra, jadi kita perlu membantu mereka.

Mengingat ketakutan mereka yang besar terhadap air, apa yang dapat kita lakukan agar kucing bisa tenang saat dimandikan? 

Berikut adalah tips agar kucing bisa mandi dengan tenang dan tidak memberontak seperti dilansir dari My Animals, Sabtu (20/11/2021).

Baca juga: 6 Langkah Memandikan Kucing Persia di Rumah

1. Cari dan pilih waktu yang tepat

Waktu terbaik untuk memandikan kucing adalah saat mereka santai dan mengantuk. Jika mereka terlalu waspada dan mereka merasa bahwa kamu akan membawanya ke air, kemungkinan besar mereka akan mulai berlari dan bersembunyi dan kamu tidak akan pernah bisa menangkapnya.

2. Mempersiapkan kucing

Kamu tidak bisa menunggu kucing menjadi tenang di dalam air seperti halnya anjing. Tetapi hal terbaik yang bisa dilakukan adalah mengambil tindakan pencegahan.

Misalnya, dengan memotong cakar mereka, dan menutup pintu kamar mandi sehingga mereka tidak bisa melarikan diri. Memotong cakar mereka akan menghindari perilaku mencakar jika mereka sedang gugup atau cemas karena air.

3. Mandikan dengan air hangat

Bukan ide yang baik untuk membawa mereka ke bak mandi atau bilik pancuran dan meletakkannya di bawah keran.

Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah berisi air hangat yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Dengan cara ini semuanya akan lebih cepat dan, tentu saja, lebih menyenangkan bagi hewan.

Baca juga: 3 Penyakit yang Mengintai Kucing saat Musim Hujan

4. Jangan biarkan ia merasa terjebak

Halaman:


Video Pilihan

Sumber My Animals
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.