Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2021, 17:30 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pasti Anda pernah memberikan sisa makanan terutama tulang-tulang ayam untuk kucing peliharaan atau kucing liar?

Memang kucing suka makan ayam, tapi apakah kucing boleh makan tulang ayam? Kucing di alam liar menangkap dan memakan burung, dari daging hingga tulangnya.

Dan faktanya, tulang-tulang ini sebenarnya bisa menjadi sumber mineral yang bagus. Tapi ada satu perbedaan utama antara tulang yang ditemukan di alam liar dan yang berasal dari sisa makanan kita, terutama jika tulang ayam itu masih mentah.\

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Lapar

Kucing merupakan hewan pemburu dan termasuk dalam hewan karnivora. Artinya, ia menyantap daging sebagai makanan utama hariannya.

Namun, kucing tidak bisa makan tulang ayam yang dimasak. Meskipun mereka mungkin menganggapnya sebagai suguhan yang sangat lezat, ada beberapa bahaya kesehatan serius jika kucing Anda memakannya.

Apa saja bahaya memakan tulang yang dimasak? Melansir dari Excited cats pada Jumat (19/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Berapa Lama Kucing Peliharaan Bisa Ditinggal Sendirian di Rumah?

Tulang ayam yang dimasak cenderung rapuh

Setelah dimasak tulang ayam menjadi lunak dan rapuh. Dan ini membuat mereka berbahaya untuk dimakan kucing Anda.

Alih-alih tulang menjadi aus secara alami, mereka cenderung patah menjadi pecahan kecil. Pecahan ini dapat dengan cepat tersangkut di tenggorokan kucing Anda dan menyebabkan mereka tersedak. Dan pecahan ini juga dapat memotong mulut dan lapisan kerongkongan kucing Anda.

Baca juga: Tips Memilih Mangkuk Makan Terbaik untuk Kucing

Tulang yang dimasak mengandung bahan beracun

Apa yang lezat bagi kami tidak selalu bagus untuk kucing Anda. Sebagian besar waktu ketika kita memasak ayam, kita membumbuinya untuk meningkatkan rasa.

Tetapi beberapa bumbu ini bisa sangat beracun bagi kucing. Bubuk bawang putih dan bubuk bawang bombay adalah penyebab utama, dan mereka juga merupakan beberapa bahan penyedap paling umum untuk ayam yang disiapkan untuk konsumsi manusia.

Baca juga: Penyebab hingga Cara Mengatasi Kucing yang Pemarah dan Agresif

Manfaat memakan tulang mentah untuk kucing

Sementara tulang ayam yang dimasak bisa menjadi bahaya nyata dan nyata bagi kucing Anda, tulang mentah bisa menjadi makanan yang sangat baik.

Tulang mentah penuh dengan kalsium. Kalsium adalah bagian yang sangat penting dari makanan kucing.

Kekurangan kalsium dapat menyebabkan radang sendi, masalah bulu dan kulit, patah tulang, kelemahan, aritmia jantung, dan lebih buruk lagi. Memberi makan tulang mentah kucing Anda sesekali dapat membantu asupan kalsiumnya.

Baca juga: 5 Tips agar Kucing Tak Terbiasa Menggigit Pemiliknya

Saat memberi makan tulang mentah kucing Anda, pastikan untuk memilih tulang dengan ukuran yang sesuai untuk digerogoti dan dikunyah.

Tulang sayap ayam adalah ukuran yang sempurna untuk ini. Tidak hanya akan pas dengan nyaman di mulutnya, tetapi tindakan mengunyah akan benar-benar membantu memperkuat dan membersihkan giginya.

Namun, pastikan untuk tetap mengawasi kucing Anda saat memberi makan tulang mentahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com