Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/11/2021, 14:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan manusia, kucing juga bisa merasakan sakit. Namun, bagaimana mengenali kucing peliharaan yang sedang sakit sehingga harus segera membawanya ke dokter hewan?

Kucing memiliki harapan hidup lebih lama sehingga mengalami penurunan dan kelemahan fisik sejalan dengan penuaan. Ini termasuk perkembangan osteoartritis yang melibatkan peradangan sendi menyakitkan. 

Baca juga: Penyebab Kucing Sedih dan Tidak Bahagia

Namun, kucing mempunyai naluri untuk menyembunyikan atau menutupi rasa sakitnya sehingga membuat sulit mendiagnosanya. Akan tetapi, saat kucing sakit, hal itu bisa diamati melalui perubahan perilaku atau tubuh kucing.

Melansir dari VCA Hospitals, Sabtu (27/11/2021), berikut tanda-tanda kucing sakit sehingga bisa segera membawanya ke dokter hewan.  

Baca juga: Penyebab Kucing Buang Air Kecil pada Tanaman dan Cara Mencegahnya 

Sering mengeong atau mendengkur

Cobalah memperhatikan apakah kucing sering mengeong dan mendengkur dari biasanya. Selain itu, apakah kucing mengeram atau mendesis ketika didekati, baik pemiliknya maupun hewan peliharaan lainnya. 

Bila hal tersebut dialami kucing, ini bisa mengindikasikan bahwa kucing sedang sakit. segera mambuat jadwal dengan dokter hewan untuk melakukan pemeriksaan. 

Baca juga: Kucing Sering Bersembunyi? Kenali Tempat Persembunyiannya di Rumah 

Perubahan aktivitas 

Kucing yang sedang sakit mungkin akan terlihat mondar-mandir atau gelisah karena tidak dapat menemukan tempat yang nyaman untuk berbaring.

Selain itu, kucing berulang kali bangun dan berbaring dalam upaya untuk menemukan posisi tidur yang nyaman.

Kucing juga terlihat lesu, berdiam diri, serta daya tahannya menurun untuk melakukan aktivitas yang sebelumnya menyenangkan seperti mengejar mainan atau berburu mainan.

Tak hanya itu, kaki belakang kucing mungkin gemetar saat berdiri diam atau istirahat. Kucing enggan naik-turun tangga, tidak lagi melompat ke atas furnitur, menggaruk pohon kucingatau kusen jendela.  

Baca juga: Ketahui, Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

Perubahan kebiasaan

Kebanyakan kucing yang mengalami osteoartritis menyakitkan akan berhenti merawat diri seperti dulu. Kucing terlihat kotor serta bulunya berantakan serta kusut pada bagian tubuh  yang mengalami sakit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com