Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2021, 09:07 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com--Memiliki kucing berwarna putih, membuat kamu harus menjalani perawatan ekstra. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar bulu putih mereka tetap putih dan bersih.

Padahal kucing berwarna putih tak ubahnya dengan kucing lainnya yang senang bermain di tempat-tempat yang bisa membuat bulunya menjadi kotor.

Bulu putih juga rentan terkena kotorannya sendiri seperti bekas air seni, bekas kotoran, bekan tumpahan makanan dan minyak kulit.

Supaya kucing putihmu tetap cantik, berikut adalah tips menjaga bulu kucing berwarna putih tetap bersih dan indah, seperti dilansir dari Cuteness, Jumat (26/11/2021). 

Baca juga: Tips Mencegah Kucing agar Tak Naik ke Meja Makan

1. Mandikan

Kucing dengan bulu putih seluruhnya, atau dengan warna putih yang mendominasi, membutuhkan lebih sering mandi daripada kucing dengan bulu yang lebih gelap.

Mandikan kucing sekali atau dua kali sebulan untuk menjaga bulunya bebas dari kotoran. Untuk memandikan kucing putih, gunakan sampo hewan peliharaan khusus yang dirancang untuk bulu putih.

Sampo ini mengandung bahan khusus, seperti zat kebiruan, yang secara optik mencerahkan bulu dan menghilangkan kotoran.

Menurut Dewan Breed Persia Cat Fancier's Association, saat mandi, jangan biarkan sampo menempel di bulu kucing lebih dari beberapa menit. Karena hal ini bisa membuat bulunya justru terlihat kusam.

Baca juga: Alasan Mengapa Kucing Suka Menjilat Dirinya Sendiri

2. Hilangkan noda khusus

Bulu putih mudah terkena noda. Sayangnya beberapa noda membandel tak bisa hilang hanya dengan mandi.

Untuk menghilangkan noda yang menempel pada bulu putih kucing , gunakan kain mikrofiber basah untuk menyeka kotoran, seperti sisa makanan atau urin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com