Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/11/2021, 23:45 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com--Seperti kita tahu, kucing sangat suka memanjat. Dia bisa memanjat barang dan furnitur apa saja di rumah, termasuk meja makan.

Memanjat adalah kebutuhan naluriah dari kucing, namun, hal ini sebaiknya tidak dibiarkan. Untungnya kebiasaan ini bisa dicegah.

Salah satunya adalah dengan membeli pohon atau membangun beberapa rak di dinding yang bisa digunakan kucing untuk memanjat.

Selain dua cara itu, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kucing berhenti naik meja makan seperti dilansir dari Cuteness, Minggu (25/11/2021).

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Kucing Mengedipkan Mata Secara Perlahan

1. Beri hadiah

Buat atau beli furnitur khusus untuk kucing yang bisa dipanjat. Hiasi dengan mainan dan catnip, dan ketika dia mulai memanjatnya, elus dia dan beri dia banyak pujian.

Kamu bahkan dapat memberi makan malam di atasnya, untuk lebih mendorongnya.

Saat kucing kembali ke kebiasaan lama dan melompat ke atas meja, jangan berteriak atau menghukum mereka.

Cukup gendong kucing dengan lembut dan letakkan dia di furnitur panjat yang ditunjuk. Kemudian, begitu dia melakukannya, berikan pujian dengan mengelus atau memberi mereka camilan favorit.

2. Menghalangi

Agar kucing tak naik ke meja makan, belilah alas plastik dan tutup dengan selotip dua sisi. Ini akan membuat Si Meong tak lagi mau memanjat meja karena kucing tak suka permukaan yang lengket.

Pasalnya, setelah ini akan menciptakan sensasi yang tidak menyenangkan, tetapi tidak menyakitkan yang akan membuat kucing ingin melompat ke bawah.

Biarkanlah selotip ini tetap di atas meja sampai nanti kucing terbiasa.

Ingat, mengajari kucing untuk menjauh dari meja adalah sebuah proses dan akan memakan waktu. Bersabarlah, cobalah untuk tidak bergerak terlalu cepat, dan gunakan banyak pujian.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com