Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Kebiasaan Tidur pada Kucing yang Sebaiknya Kamu Tahu

Kompas.com - 21/11/2021, 20:55 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

Sumber My Animals

JAKARTA, KOMPAS.com--Selain makan, memenuhi kebutuhan fisiologis, menghidrasi diri, dan bermain, kucing menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. 

Tidak peduli tempat, waktu, atau musim dalam setahun, tak peduli hujan atau tidak, dalam kondisi panas, dingin, lapar atau bosan, kucing selalu senang berbaring, tidur sebentar, atau tertidur lelap. 

Banyak pemilik kucing pertama kali pergi ke dokter hewan dan khawatir karena kucing mereka menghabiskan hari-hari mereka dengan tidur. Ini masih terjadi meskipun faktanya kucing terkenal suka tidur.

Baca juga: Tips agar Kucing Tenang saat Mandi

1. Kebiasaan tidur kucing

Dilansir dari My Animals, Minggu (21/11/2021),beberapa ahli mengatakan bahwa fakta bahwa banyak tidur adalah salah satu karakteristik yang luar biasa dari kucing pada umumnya.

Berkat keterampilan berburu kucing yang luar biasa, yang memungkinkan mereka mendapatkan semua makanan yang mereka butuhkan, berburu tidak memakan waktu lama.

Setelah rasa lapar mereka terpuaskan, mereka dapat bersantai untuk waktu yang lama sebelum perlu berburu lagi. Mereka menggunakan waktu luang itu untuk tidur.

Ini adalah fenomena eksklusif untuk spesies ini, karena spesies lain lebih sulit menangkap mangsa.

Ketika kucing masih kecil, mereka lucu dan sangat mengantuk. Ketika mereka lebih tua, mereka hiperaktif. Selama hari-hari pertama kehidupan, kucing tidur rata-rata 20 jam sehari.

Tidur bagi kucing tidak hanya normal tetapi perlu. Pasalnya, hormon yang memengaruhi pertumbuhan bekerja saat kucing sedang tidur. Semakin banyak kucing tidur, semakin banyak ia berkembang.

Selain itu, diyakini bahwa ini adalah "tradisi" lain yang diwarisi dari kerabat liar mereka. Induk kucing juga harus pergi berburu makanan, meninggalkan anak kucingnya sendirian di sarang.

Untuk melindungi anak kucing, alam merancang sistem yang "menidurkan mereka" sepanjang hari.

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Peliharaan Selalu Lapar

Halaman:
Sumber My Animals
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com