Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mencuci Seprai dan Waktu Terbaik Membersihkannya

Kompas.com - 27/11/2021, 09:24 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat diperoleh melalui seprai yang digunakan.

Seprai yang bersih dan lembut tentu akan menunjang tidur serta memberi kenyamanan saat tidur. Untuk itu, perlu mengganti dan mencuci seprai.

Melansir dari Good Housekeeping, Sabtu (27/11/2021), Carolyn Forte, Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab, membagikan tips mencuci seprai dan waktu terbaik membersihkannya. 

Baca juga: 5 Kesalahan Mencuci Seprai yang Sering Dilakukan

Tips mencuci seprai

Berbeda dengan celana pendek olahraga atau jeans, seprai mudah menjadi kotor lantaran kuman, keringat, dan minyak tubuh menumpuk dengan cepat serta mencuci seprai menghabiskan banyak waktu. 

"Jika tidak ada noda, tidak perlu merawat seprai terlebih dahulu. Namun, ide baik untuk memeriksa sarung bantal apakah terkena noda makeup," kata Forte. 

Baca juga: Cara Melembutkan Seprai yang Terasa Kasar dan Kaku

Forte mengatakan mengaplikasikan penghilang noda sebelum mencuci seprai dapat membantu menghilangkan noda tersebut, lalu tambahkan detergen.

Beberapa mesin cuci baru memiliki siklus khusus untuk mencuci seprai. Namun, bila tidak memilikinya, pilih siklus "normal" atau "santai" alih-alih "tugas berat".

"Seprai tidak perlu diaduk berlebihan untuk dibersihkan dan siklus tugas berat dapat menyebabkannya kusut," ucap Forte. 

Baca juga: Simak, Cara Mencuci Seprai Tencel yang Benar

Untuk meningkatkan pembersihan demi membantu mereka yang memiliki alergi, naikkan suhu air. Pilih siklus pembersihan yang menggunakan brankas air terpanas untuk seprai, tapi periksa label perawatan seprai terlebih dulu. 

"Semakin panas airnya, semakin banyak kuman yang Anda bunuh. Setelah selesai, lipat dan simpan seprai sampai siap digunakan pada tempat tidur." 

Baca juga: Bingung Menyetrika Seprai? Ikuti Tips Ini 

Seberapa sering harus mencuci seprai?

Seprai dapat menumpuk begitu banyak hal yang tidak dapat dilihat mata seperti sel kulit mati, tungau debu, dan kuman. Karena itu, harus mencuci seprai secara teratur.

"Paling lama harus mengganti seprai Anda selama satu hingga dua minggu," ujar Forte. 

Namun, apabila Anda atau anggota keluarga di rumah memiliki alergi debu atau serbuk sari, berkeringat berlebihan, penyakit menular, atau tidur bersama hewan peliharaan, sebaiknya mempertimbangkan mencuci seprai lebih sering dari sekali seminggu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com