Kompas.com - 26/11/2021, 22:14 WIB
Ilustrasi ruang tamu dengan karpet Unsplash/SpacejoyIlustrasi ruang tamu dengan karpet

JAKARTA, KOMPAS.com - Karpet rentan terhadap kotoran, debu, dan tumpahan. Kotoran yang terus menumpuk ini tidak hanya membuat karpet terlihat kotor dan tidak terawat, tapi juga tua dan cepat rusak. 

Untuk itu, penting membersihkan karpet secara rutin demi mencegah karpet tua serta cepat rusak. 

Melansir dari Bobvila, Jumat, (26/11/2021), berikut tips merawat karpet agar tetap bersih dan tampak seperti baru pada tahun-tahun mendatang. 

Baca juga: Tips Merawat Karpet agar Permukaannya Tidak Rata dan Rusak 

Menyedot karpet secara teratur

Ilustrasi vacuum cleaner.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi vacuum cleaner.
Menyedot debu dapat membuat karpet tetap bersih serta memastikan karpet terlihat seperti baru. Kotoran memiliki kualitas abrasif dan ketika berulang kali menempel pada karpet dengan lalu lintas pejalan kaki sehari-hari, itu benar-benar dapat mengikis bagian belakang karpet dari waktu ke waktu.

Menyedot debu seminggu sekali (dua kali seminggu pada area sibuk) dapat menghilangkan hingga 75 persen kotoran serta mencegah karpet menua sebelum waktunya. 

Baca juga: Catat, Ini Cara Memilih Karpet untuk Kamar Bayi 

Menyerap tumpahan

Tumpahan tidak bisa dihindari, tetapi cara Anda membersihkannya membuat semua perbedaan. Langkah paling penting adalah bekerja dengan cepat ketika tumpahan terjadi dan tidak pernah menggosoknya. 

Oleskan larutan pembersih pada bagian karpet yang terkena noda segera. Sebab, semakin lama membersihkan, semakin sulit menghilangkan noda.

Setelah itu, bersihkan noda dengan handuk kertas atau kain bersih karena ini memberi sedikit tekanan pada cairan serta membantu menyerapnya alih-alih membiarkannya masuk.

Ingatlah untuk menyeka dari luar ke dalam demi mencegah tumpahan menyebar. 

Baca juga: Tips Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan dari Karpet dan Lantai 

Pilih vacuum cleaner yang tepat

Sangat penting memilih vacuum cleaner yang tepat untuk kebutuhan rumah tangga Anda. Apakah Anda memiliki anak atau hewan peliharaan? Tangga yang berkarpet?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.