Kompas.com - 27/11/2021, 08:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan hama dan penyakit merupakan salah satu faktor risiko terbesar dalam menanam dan merawat tanaman cabai.

Terlebih, saat musim hujan, tanaman cabai paling rentan terhadap serangan jamur

Dikutip dari Cybex Kementerian Pertanian, Sabtu (27/11/2021), setidaknya ada tiga penyakit jamur yang sering menyerang tanaman cabai seperti berikut ini. 

Baca juga: Simak, 4 Cara Membuat Pestisida Alami untuk Tanaman Cabai 

Bercak daun

Penyakit bercak daun yang menyerang tanaman cabai disebabkan jamur cercospora capsici. Gejalanya, muncul bercak-bercak bundar berwarna abu-abu dengan pinggiran cokelat pada daun.

Bila serangan jamur tersebut hebat, daun akan berwarna kuning dan akhirnya berguguran. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman cabai pada musim hujan dengan kondisi kelembapan cukup tinggi.

Penyakit bercak daun menyebar saat jamur masih berupa spora dan bisa dibawa oleh angin, air hujan, hama vector, dan alat pertanian. Spora jamur juga bisa terikut pada benih atau biji cabai. 

Baca juga: Cara Menggunakan Pupuk NPK untuk Tanaman Cabai di Pot atau Polybag 

Patek antaknosa

Ilustrasi tanaman cabai, daun cabai.SHUTTERSTOCK/PIOTR.MA Ilustrasi tanaman cabai, daun cabai.
Penyakit ini disebabkan cendawan colletotrichum capsici. Terdapat dua macam penyakit busuk yang biasa meyerang tanaman cabai, yaitu busuk cabang dan busuk kuncup.

Busuk cabang pada tanaman cabai disebabkan phytophthora capsiti. Penyakit ini terjadi pada musim hujan dan proses penyebarannya sangat cepat.

Sedangkan, busuk kuncup disebabkan cendawan chanosearum sp serta gejala kuncup tanaman berwarna hitam dan lama kelamaan menjadi mati. 

Baca juga: Penyakit Layu Tanaman Cabai, Penyebab dan Cara Menanganinya 

Penyakit layu

Penyakit layu merupakan salah penyakit yang dialami tanaman cabai dan cukup sulit dikendalikan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.