Kompas.com - 19/11/2021, 12:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran dan buah-buahan di pekarang rumah tak hanya membuat pekarang semakin hijau dan teduh. Ketika masa panen tiba, Anda diuntungkan karena bisa memetik dan menikmati hasilnya.

Salah satu tanaman yang dapat ditanam di pekarangan rumah adalah cabai

Sama halnya dengan tanaman jenis lainnya, tanaman cabai juga harus diberikan pupuk agar bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Baca juga: Tertarik Budidaya Cabai Merah? Simak Caranya Berikut Ini

Melansir laman Cybex Kementerian Pertanian, Jumat (19/11/2021), pemupukan merupakan sebuah proses yang harus dilakukan agar tanaman cabai memiliki buah lebat, dan besar. 

Beberapa jenis pupuk yang diberikan harus sesuai dengan keadaan, kondisi dan usia tanam cabai.

Sebab, jika salah dalam proses pemberian pupuk, alih-alih tanaman cabai tidak akan berbuah justru akan hidup sengsara bahkan sampai mati.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa cara dan panduan pemupukan yang baik dan benar.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Mengatasi Penyakit Patek Cabai

Pupuk tanaman cabai usia 1 hingga 30 hari

Yang harus diperhatikan, usia cabai dari 1 sampai 30 hari adalah kondisi yang sangat rentan, di mana akar tanaman dan daya hidupnya masih sangat kurang.

Pemberian pupuk kimia tentu saja dapat mengganggu pertumbuhan karena tidak sesuai dengan nutrisi alami yang dibutuhkan oleh tanaman.

Pupuk yang sesuai dengan tanaman cabai pada usia 1 sampai 30 hari adalah pupuk organik baik kompos maupun pupuk kandang.

Pemberian pupuk kandang dapat dilakukan dengan bahan kotoran ayam kering, sebaiknya kotoran ayam potong yang sudah dijemur dan dikurangi kadar kelembapannya. Perbandingan yang paling baik adalah 1:3, yakni tiga bagian tanah dan satu bagian kotoran ayam.

 

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.