Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/10/2021, 16:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Zoma Sleep

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai bahan tencel semakin populer dalam beberapa waktu terakhir. Namun demikian, sayangnya banyak orang yang tidak sepenuhnya memahami cara merawat dan mencuci seprai tencel dengan benar.

Dilansir dari Zoma Sleep, Sabtu (2/10/2021), tencel adalah nama merek untuk jenis serat selulosa. Secara khusus, Tencel adalah serat “selulosa yang diregenerasi” yang terbuat dari pulp kayu yang dilarutkan dalam pelarut kimia, kemudian diubah menjadi serat.

Pulp kayu sering dipanen dari pohon eukaliptus yang dipelihara secara lestari. Serat tencel dapat dikombinasikan dengan serat kapas, poliester, akrilik, wol, dan sutra untuk membuat pakaian dan seprai.

Baca juga: Apakah Harus Mencuci Pakaian dan Seprai yang Baru Dibeli?

Ada beberapa kelebihan bahan kain tencel sebagai seprai, antara lain sebagai berikut.

  • Kelembutan
  • Bernapas
  • Daya tahan
  • Produksi berkelanjutan dan biodegradabilitas

Cara mencuci seprai tencel

Sebaiknya cuci sprei tencel seminggu sekali. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa sering mencuci seprai dapat merusaknya, tetapi biasanya yang terjadi adalah sebaliknya.

Mencuci seprai setiap minggu dapat memperpanjang penggunaan yang diharapkan dengan menyingkirkan akumulasi kotoran, debu, sel-sel kulit, minyak tubuh, dan kotoran lainnya. Mencuci mingguan juga menjaga tingkat tungau debu tetap rendah.

Baca juga: 7 Bahan Seprai Terbaik untuk Tidur yang Lebih Nyenyak

Cuci seprai sendiri, tidak dicampur dengan pakaian atau handuk. Semakin sedikit Anda memasukkan beban cucian di mesin cuci, semakin banyak ruang yang dimiliki seprai untuk bersirkulasi.

Lebih banyak air akan mengalir melaluinya, menghasilkan seprai yang lebih bersih. Ritsleting dan pengencang pakaian lainnya dapat merusak seprai saat dicuci.

Sebelum memasukkan seprai tencel ke dalam mesin cuci, balikkan bagian dalam ke luar untuk membatasi gesekan. Abrasi dari gesekan dapat menyebabkan keausan yang tidak perlu pada seprai.

Jika Anda memiliki kantong cuci besar, Anda mungkin perlu memasukkan seprai tencel ke dalamnya untuk perlindungan tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com