Kompas.com - 28/09/2021, 12:04 WIB
Ilustrasi mencuci pakaian. FREEPIK/FREEPIKIlustrasi mencuci pakaian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang Anda lakukan setelah membeli pakaian atau seprai baru? Apakah langsung dipakai atau dicuci terlebih dahulu?

Nyatanya, meskipun pakaian atau seprai yang baru dibeli terlihat bersih, namun Nomi Dale Kleinman, kepala departemen desain tekstil di Fashion Institute of Technology menganjurkan untuk mencucinya terlebih dahulu.

"Produk tekstil mungkin memiliki bahan kimia yang menyimpang dari proses produksi selain pati yang digunakan untuk menjaga pakaian tetap segar saat dikirim, dikemas, atau digantung di toko. Ada banyak langkah yang dilalui kain sebelum sampai ke Anda dan bahkan serat alami pun bisa terkena potensi iritasi," ungkap Kleinman yang dilansir dari Real Simple, Selasa (28/9/2021).

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Pakaian

"Serat alami membutuhkan penggosokan dan pembersihan sebelum menjadi benang, pemintalan benang membutuhkan pelumas, terkadang resin digunakan untuk ukuran lusi, dan pati dapat digunakan dalam proses menenun,” jelasnya.

Benang dan kain dapat memerlukan penggosokan tambahan menggunakan produk sabun, natrium hidroksida, atau pemutihan untuk menerima warna dengan benar selama proses pewarnaan atau pencetakan.

Apa yang terjadi jika Anda tidak mencuci pakaian atau seprai baru?

Menurut Kleinman, kebanyakan orang akan baik-baik saja dan tidak akan melihat reaksi yang merugikan. Tetapi jika Anda memiliki kulit sensitif, sisa-sisa bahan kimia dapat menyebabkan gatal atau iritasi kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Juga, ketika Anda mencuci pakaian dan seprai, dia merekomendasikan untuk menggunakan deterjen yang hipoalergenik dan bebas racun (juga lebih baik untuk lingkungan).

Baca juga: 7 Benda Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian hingga Bersih

Untuk pakaian yang diwarnai, seperti jeans, ada beberapa risiko pewarna merembes ke blus atau furnitur Anda saat Anda duduk. Mencuci jeans baru sebelum dipakai pertama kali dapat membantu mencegah hal ini.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.