Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/09/2021, 10:16 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika musim hujan datang, beberapa area yang sudah tua atau dalam kondisi tidak bagus bisa terjadi kebocoran, salah satunya adalah langit-langit atau plafon rumah

Melansir dari Family Handyman, Selasa (28/9/2021) ketika plafon rumah memiliki kebocoran yang parah, mereka akan terkelupas atau retak. Berikut hal yang harus dilakukan ketika plafon bocor.

1. Stabilkan situasi

Langkah pertama adalah menstabilkan area sekitar kebocoran. Pindahkan barang-barang berharga keluar dari area tersebut dan kemudian letakkan ember dan terpal untuk menangkap dan menampung air yang menumpuk di belakang langit-langit rumah

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini untuk Menghindari Rumah Bocor Saat Musim Hujan

Kemungkinan penutup langit-langit Anda adalah drywall, yang akan menyerap atau menyebarkan air. Anda lebih baik mengontrol dari mana air masuk melalui langit-langit.

Lakukan ini dengan membuat lubang kecil di tengah kebocoran menggunakan penusuk, obeng, atau benda serupa, sehingga air akan melewati bukaan yang dikendalikan itu dan masuk ke ember Anda.

2. Lacak dan perbaiki

Selanjutnya, saatnya untuk melacak dan memperbaiki sumbernya. Air dapat menempuh jarak yang mengejutkan dari kebocoran awal, dan kebocoran atap khususnya sulit untuk diisolasi.

Bahkan dalam situasi yang tampaknya sederhana, seperti ketika kamar mandi berada tepat di atas noda, masih ada sejumlah sumber air yang potensial. Ini bisa berupa saluran pembuangan yang bocor, saluran pasokan yang longgar, atau dempul yang hilang.

Baca juga: Tandon Air Bocor? Begini Cara Memperbaikinya

Anda mungkin perlu membuat lubang di langit-langit untuk melihat dari mana air itu berasal, dan jika Anda kesulitan membuat ulang kebocoran, Anda dapat mencoba trik lama meletakkan tisu toilet di sepanjang pipa dan balok langit-langit.

Tisu toilet akan dengan jelas menunjukkan reaksi apa pun terhadap kelembapan, memungkinkan Anda untuk mempersempit ruang lingkup pencarian Anda.

3. Keringkan kerusakan

Saat memperbaiki sumber kebocoran, biarkan semua bahan yang terkena benar-benar kering. Ini terutama berlaku untuk rongga langit-langit karena uap air yang terperangkap di belakang dinding kering akan rentan terhadap berkembangnya jamur.

Kebocoran kecil dapat mengering dengan sendirinya, tetapi, untuk kebocoran yang lebih besar, seringkali yang terbaik adalah membuka bagian langit-langit dan mengeluarkannya dengan bantuan kipas angin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com