Kompas.com - 28/11/2021, 15:41 WIB
Ilustrasi kucing bergulung UNSPLASH/Ludemeula Fernandes Ilustrasi kucing bergulung

JAKARTA, KOMPAS.com- Terkadang, perilaku kucing tidak dapat dijelaskan oleh manusia. Hal-hal yang tampak lucu bagi kita, seperti mengejar tali atau memanjat tirai, adalah hal yang normal bagi mereka dan sebenarnya didasarkan pada naluri kucing mereka.

Jika Anda pernah melihat kucing Anda berguling-guling di tanah, kemungkinan Anda bertanya-tanya apa yang memotivasi perilaku aneh ini. Melansir dari Animal Wised pada Minggu (28/11/2021) berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Kucing Peliharaan Sakit

Kucing berguling ke tanah untuk menandai wilayah

Berguling-guling di tanah adalah perilaku yang tidak hanya terlihat pada kucing domestik, tetapi juga pada kucing yang lebih besar.

Salah satu alasan mereka melakukan ini adalah untuk menandai wilayah mereka dan menjauhkan diri dari kucing lain serta kemungkinan musuh yang mungkin merasa terancam dengan kehadiran hewan tersebut.

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Hormon feromon yang ada pada tubuh kucing bertanggung jawab atas terjadinya proses tersebut.

Baca juga: Penyebab Kucing Sedih dan Tidak Bahagia

 

Semua hewan, termasuk manusia, memancarkan feromon, yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan bau khas mereka.

Itu sebabnya ketika kucing ingin melindungi wilayah mereka, mereka menggosok seluruh tubuhnya di tanah dan permukaan lainnya, dengan tujuan menyebarkan bau mereka di sekitarnya.

Baca juga: Kucing Sering Bersembunyi? Kenali Tempat Persembunyiannya di Rumah

Musim kawin

Feromon juga berperan penting saat kucing kepanasan, baik jantan maupun betina. Mereka tidak hanya mengirimkan bau khas setiap kucing, tetapi juga menandakan perubahan tubuh tertentu, seperti waktu yang ideal untuk kawin.

Selama periode ini, betina dan jantan menunjukkan perilaku unik di mana mereka cenderung berguling-guling di tanah.

Mengapa mereka melakukan ini? Untuk menyebarkan feromon mereka yang penuh dengan aroma panas dan dengan demikian menarik semua calon pasangan di dekatnya.

Baca juga: Simak, Ini 6 Trik Menghilangkan Bau pada Kotak Pasir Kucing

Kucing berguling-guling di tanah untuk menenangkan diri

Meskipun benar bahwa kucing memiliki suhu tubuh yang lebih tinggi dan karena itu suka melakukan hal-hal seperti berjemur atau tidur di dekat pemanas.

Namun, saat shubu di musim panas meningkat, mereka menjadi kepanasan, terlebih pada kucing berbulu lebat.

Untuk menenangkan diri, kemungkinan besar kucing tidak hanya akan minum lebih banyak air dan mencari tempat berventilasi untuk beristirahat, tetapi juga akan menggosokkan tubuhnya ke tanah atau lantai rumah Anda jika terbuat dari bahan seperti granit, marmer, atau kayu, yang dingin saat disentuh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.