Kompas.com - 28/11/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi kucing Unsplash/Piotr Musio?Ilustrasi kucing

JAKARTA, KOMPAS.com-- Kelebihan air liur pada kucing, atau ngiler, bisa menjadi salah satu pertanda ada sesuatu yang tidak beres pada tubuh kucing.

Untuk itu, sebagai pemilik kucing, kamu diminta waspada dan selalu memperhatikan kucing peliharaan. Sehingga jika ada sesuatu yang tak biasa, kamu akan segera mengetahuinya.

Ngiler pada kucing bisa terjadi karena beberapa penyebab, berikut adalah hal-hal yang membuat kucing ngiler seperti dilansir dari WebMD, Minggu (28/11/2021). 

1. Penyakit mulut dan kerusakan gigi

Penumpukan karang gigi dapat menggosok bagian dalam bibir kucing, menyebabkan mereka ngiler. Untuk memeriksa, tarik bibir mereka kembali ke telinga mereka.

Apakah gigi kucing berwarna coklat? Apakah gusi merah, bengkak, atau bahkan berdarah? Jika hal ini terjadi, bawalah kucing ke dokter hewan untuk memeriksakan gingivitis, sariawan, dan kemungkinan adanya tumor.

Apabila sudah diperiksa, untuk pencegahan, bersihkan gigi kucing dengan bantuan profesional terlebih dahulu, dan kemudian sikat gigi mereka setiap hari.

Baca juga: Kenapa Kucing Berguling-guling di Tanah?

2. Kesulitan menelan

Saat bermain, senar atau mainan mungkin tersangkut di mulut kucing atau melilit lidahnya. Keluarkan objek jika mudah dilepas; jika tidak, hubungi dokter hewan untuk meminta bantuan.

Mencoba melepaskan tali yang tertelan sebagian secara mandiria k, dapat menyebabkan kerusakan pada kerongkongan atau perut kucing.

Kemungkinan kain, kucing mungkin ingin menolak menelan hanya karena rasa tidak enak di mulutnya. Mungkin mereka tidak cukup bisa menelan obat, atau mereka menjilat atau memakan sesuatu yang menjijikkan seperti katak atau kadal.

3. Kepanasan

Hewan peliharaan dengan wajah datar, seperti kucing Persia, lebih mungkin mengalami heatstroke atau kepanasan. Ini tidak umum pada kucing seperti pada hewan lain.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.