Kompas.com - 28/11/2021, 17:02 WIB
Ilustrasi kucing makan PIXABAY/FLORIAN BOLLMANIlustrasi kucing makan

JAKARTA, KOMPAS.com- Ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan kucing turun drastis. Mulai dari makanan yang tidak cocok, kesehatan, hingga alasan eksternal lainnya.

Namun, bagaimana jika kucing Anda makan banyak tapi berat badan malah turun drastis? Melansir dari Nova Cat Clinic pada Minggu (28/11/2021) berikut penjelasannya.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui tentang Kucing Muntah

Mengapa kucing makan banyak tapi berat badan turun drastis?

Cara kerja sistem pencernaan kucing dapat membingungkan pemilik kucing dan seringkali sulit untuk mengidentifikasi masalah kesehatan kucing Anda berdasarkan berat dan ukurannya karena berat badan ideal yang bervariasi untuk setiap ras.

Feline Hyperthyroidism adalah penyakit umum kucing yang menyerang dari segala usia dan ras. Penyakit ini dapat diidentifikasi dengan jelas jika Anda melihat kucing Anda makan lebih banyak atau mudah lapar namun berat badan turun drastis.

Menurut Cornell University College of Veterinary Medicine, “Kucing yang menderita hipertiroidisme biasanya mengembangkan berbagai tanda yang mungkin tidak kentara pada awalnya tetapi menjadi lebih parah seiring perkembangan penyakit.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Kucing Peliharaan Sakit

Tanda-tanda klinis yang paling umum dari hipertiroidisme adalah penurunan berat badan, nafsu makan meningkat, dan peningkatan rasa haus serta buang air kecil.

Hipertiroidisme juga dapat menyebabkan muntah, diare, dan hiperaktif. Kucing yang terkena mungkin tampak tidak terawat, kusut, atau berminyak.

Dokter hewan ahli Dr. Barron dan Dr. Ellen menjelaskan secara rinci tentang bagaimana Anda dapat mengidentifikasi Feline Hyperthyroidism pada kucing Anda juga pengobatan terbaiknya.

Baca juga: Penyebab Kucing Sedih dan Tidak Bahagia

Apa itu Hipertiroidisme?

Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius.Unsplash/Abeer Zaki Alasan kucing suka menjilati lantai dan permukaan lain bisa saja karena merasa bosan, menemukan tetesan makanan, atau bisa masalah kesehatan serius.

Hipertiroidisme adalah penyakit umum pada kucing, dan kebanyakan menyerang kucing paruh baya dan lebih tua. Penyakit ini sering disebut tirotoksikosis.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.