Kompas.com - 28/11/2021, 17:42 WIB
Racun ular Lancehead digunakan sebagai perekat alami untuk mengatasi luka pendarahan
science alertRacun ular Lancehead digunakan sebagai perekat alami untuk mengatasi luka pendarahan

JAKARTA, KOMPAS.com- Beberapa kucing sangat senang dengan berada di dalam ruangan setiap saat. Tapi, bagi sebagian kucing liar atau yang dibiarkan keluar rumah tentu kemungkinan bertemu ular risikonya semakin besar dibandingkan kucing rumahan.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat kucing terkena gigitan ular? Melansir dari Dailypaws pada Minggu (28/11/2021) berikut ini pertolongan pertama kucing digigit ular.

Baca juga: Tips Keluarkan Ular dari Lubang WC Menurut Petugas Pemadam Kebakaran

Gejala kucing digigit ular

Jika kucing Anda digigit ular, mereka mungkin mulai menunjukkan gejala tertentu. Tidak seperti anjing, gejalanya mungkin tidak langsung muncul, tetapi dalam waktu 12-24 jam setelah kucing Anda digigit. Perhatikan tanda-tanda ini.

  • Bekas gigitan
  • Nyeri dan bengkak di sekitar gigitan
  • Keluar darah dari gigitan
  • Pernapasan lambat atau tidak teratur
  • Pincang (kucing paling sering digigit di kaki)
  • Merintih kesakitan
  • Sedasi/perilaku lamban
  • Mual
  • Terkejut

Catatan: Beberapa gejala ini mungkin tidak terjadi jika ular yang menggigit kucing Anda tidak berbisa.

Tetapi Anda tetap harus melakukan perawatan medis meskipun hanya sebagian dari gejala yang tercantum.

Baca juga: 6 Hal yang Dapat Dijadikan Alas Tidur Ular Peliharaan

Apa yang harus dilakukan saat kucing digigit ular berbisa?

Hal pertama, hubungi dokter hewan Anda untuk memberi tahu kondisi kucing Anda bahkan jika Anda 100 persen yakin bahwa gigitannya tidak berbisa.

Meski tidak berbisa, luka masih bisa terinfeksi, terlepas dari mengandung racun atau tidak. Setelah Anda menghubungi dokter hewan, usahakan untuk menjaga agar luka tidak menjalar ke jantung sehingga aliran darah tidak dapat menyebarkan racun.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Ular Masuk ke Rumah, Pakai Keset Ijuk hingga Parfum

Selanjutnya, dokter hewan akan meminta Anda untuk mengidentifikasi ular, namun jangan menangkap ular tersebut. Segera singkirkan setelah mengetahui kucing kena gigitan ular.

Usahakan agar kucing Anda tetap tenang dalam perjalanan ke dokter hewan. Mereka mungkin akan berontak karena rasa sakit dan membutuhkan kenyamanan, terutama jika gigitannya ada di wajah mereka dan bengkak.

Baca juga: Awas, Hal ini Menarik Ular Masuk ke Halaman Rumah

Mengobati gigitan ular pada kucing

Penting untuk diingat bahwa pengobatan rumahan bukanlah pengganti perawatan hewan. Memasang torniket pada kucing sebenarnya tidak disarankan, karena dapat menyebabkan kematian jaringan, bukan hanya menghentikan pendarahan dari luka.

Juga tidak disarankan untuk mencoba dan menyedot racun dari gigitan, ini adalah metode mitos dan sama halnya dengan mencoba mengeluarkan vaksin dari lengan manusia setelah diberikan yang mana mustahil.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Ular Masuk ke Dalam Rumah

Begitu Anda tiba di dokter hewan, dokter akan mencoba memastikan apakah gigitannya berbisa atau tidak.

Bahkan jika gigitannya berbisa, Anda tidak perlu panik dulu. Sebuah studi baru-baru ini dari University of Queensland menunjukkan bahwa kucing dua kali lebih mungkin bertahan dari gigitan ular berbisa jika dibandingkan dengan anjing.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.