Kompas.com - 27/10/2021, 19:38 WIB
Ilustrasi menyiram tanaman hias. FREEPIK/RAWPIXEL.COMIlustrasi menyiram tanaman hias.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias akan hidup dan tumbuh dengan subur ketika kebutuhannya tercukupi dengan baik. Namun, ketika salah satu kebutuhannya tidak terpenuhi atau terlalu berlebih, akan menjadi masalah.

Melansir dari HGTV, Rabu (27/10/2021) salah satu alasan utama tanaman hias mati adalah karena penyiraman yang berlebihan. Akar tanaman membutuhkan oksigen untuk tetap hidup. Ketika tanah menjadi tergenang air, akar tanaman tidak bisa bernapas dan mereka benar-benar tenggelam.

Kabar baiknya adalah mudah untuk menyesuaikan teknik penyiraman Anda untuk memberi tanaman dan akarnya sedikit ruang untuk bernapas. Lantas, bagaimana cara mengetahui tanaman kelebihan air? 

Baca juga: Bolehkah Menyiram Tanaman Hias dengan Air AC?

Saat tanaman sehat, Anda akan melihat daun dan batang baru. Jika Anda mengeluarkan tanaman dari potnya, Anda akan melihat akar yang sehat, yang berwarna putih dan agak garing.

Tanah memiliki bau basah yang menyenangkan, mirip dengan taman Anda setelah hujan musim semi yang lembut.

Sementara, ketika tanaman pertama kali menjadi terlalu banyak air, daun menguning. Jika tanah tidak sempat mengering sebelum Anda menyiraminya lagi, daun mulai layu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat kelebihan air adalah masalahnya, daun akan menjadi layu serta lunak dan lemas. Jika terlalu sedikit air yang menjadi masalah, daun yang layu akan kering dan renyah.

Baca juga: Jangan Salah, Ini Panduan Memberi Pupuk Tanaman Hias Indoor

Layu terjadi karena ketika air mengisi kantong udara di tanah, akar mulai mati dan penyakit masuk. Akar yang rusak tidak dapat menyerap air, sehingga daun mulai layu. Dalam kondisi seperti ini, banyak orang yang ingin menyiramnya.

Padahal, jika Anda menyiram tanpa memeriksa tanah, Anda akan segera mendorong tanaman Anda ke dalam situasi tenggelam penuh.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tanaman yang telah tenggelam air? Berikut langkah yang harus dilakukan. 

1. Berhenti menyiram tanaman

 Hindari memberikan tanaman Anda air lagi meskipun mereka terlihat sangat layu. jelas, tetapi jangan beri tanaman Anda air lagi, tidak peduli seberapa layu.

Halaman:


Sumber HGTV
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.