Kompas.com - 27/10/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi menyempotkan pupuk cair ke tanaman, memberi pupuk. SHUTTERSTOCK/KUZNETSOV DMITRIYIlustrasi menyempotkan pupuk cair ke tanaman, memberi pupuk.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias dalam ruangan alias tanaman hias indoor memberi nuansa segar sekaligus pelengkap dekorasi rumah. Namun, karena ukuran pot yang terbatas, tanaman hias indoor tidak memiliki aliran nutrisi yang konstan yang datang dari tanah.

Seiring waktu, nutrisi di tanah pot terkuras dan tanaman bisa menderita. Untuk membantu tanaman hias tumbuh dan berkembang dengan baik, Anda perlu memberi pupuk.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (27/10/2021), berikut panduan memberi pupuk tanaman hias indoor dengan benar.

Baca juga: Bisakah Pupuk Micin Digunakan untuk Anakan Aglonema?

Jenis pupuk apa yang harus digunakan?

Tidak semua pupuk diciptakan sama. Bahkan, tidak jarang orang menggunakan pupuk yang salah atau terlalu banyak memberi pupuk, yang akhirnya membuat tanaman hias mati.

Ilustrasi memberi pupuk pada tanaman hias indoor. PEXELS/GARY BARNES Ilustrasi memberi pupuk pada tanaman hias indoor.

"Terkadang, jenis (pupuk) tertentu atau metode pemupukan yang salah bisa menjadi terlalu berat untuk tanaman," kata Patrick Hillman, penggemar tanaman dan pemilik Buzz and Thrive Gardens.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya memberi tahu pelanggan saya untuk menggunakan pupuk yang larut dalam air, khususnya pupuk emulsi ikan yang kaya. Apa pun yang organik akan memberi makan lebih lama daripada pupuk kimia," jelas Hillman.

Cara memberi pupuk tanaman hias indoor

Jangan hanya memasukkan pupuk ke tanaman pot Anda. Hillman merekomendasikan untuk mengencerkan pupuk dengan rasio seperempat hingga setengah sendok teh pupuk per 3 liter air.

Baca juga: Cara Pakai Pupuk Micin untuk Aglonema dan Tanaman Hias Lainnya

"Saya memberi tahu orang-orang untuk mengencerkannya sedikit lebih banyak daripada yang dianjurkan pada kemasan agar aman," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.