Kompas.com - 24/10/2021, 19:28 WIB
Ilustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat. PIXABAY/ALEXEI CHIZHOVIlustrasi tanaman tomat, tanaman buah tomat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat banyak masyarakat menjalankan hobi baru, salah satunya menanam sayuran di rumah. Tomat bisa menjadi pilihan jika Anda ingin berkebun di halaman rumah.

Meski demikian, seringkali menanam sayuran di rumah bisa gagal. Ini biasanya karena kurangnya ketekunan atau pemahaman dasar tentang apa yang diperlukan untuk menanam tanaman tomat dengan buah melimpah.

Dilansir dari Garden Guides, Minggu (24/10/2021), ada beberapa cara membuat tanaman tomat berbuah lebat. Pertama, siapkan tanah sebelum menanam tomat.

Baca juga: Bagaimana Cara Menyiram Tanaman Tomat di Dalam Pot? Ini Panduannya

Jika tanahnya keras, maka hancurkan tanah yang bergumpal. Buang semua batu besar dari tanah.

Selain mudah tumbuh, tomat ceri juga akan berbuah kapan saja tanpa mengenal musim.Unsplash/Jeremy Bezanger Selain mudah tumbuh, tomat ceri juga akan berbuah kapan saja tanpa mengenal musim.

Tambahkan kira-kira 1 hingga 1,5 kg pupuk 5-10-5 untuk setiap 9 meter persegi kebun. Mengolah pupuk ke dalam tanah dengan rototiller atau dengan tangan, menggunakan sekop.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pilih bibit yang sehat untuk ditanam. Secara khusus, pilih bibit yang tingginya sekitar 6 hingga 10 inci dan memiliki daun hijau yang cerah.

Hindari bibit yang layu atau daunnya hilang atau kuning. Dengan menanam bibit yang sehat, Anda meningkatkan kemungkinan tanaman dewasa yang sehat yang menghasilkan lebih banyak buah.

Baca juga: Bolehkah Anjing Makan Tomat?

Tanam bibit tomat di tempat yang mendapat banyak sinar matahari dan air. Tomat membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari untuk menghasilkan lebih banyak buah.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.