Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Begini Cara Membuat Tanaman Tomat Berbuah Lebat

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus corona membuat banyak masyarakat menjalankan hobi baru, salah satunya menanam sayuran di rumah. Tomat bisa menjadi pilihan jika Anda ingin berkebun di halaman rumah.

Meski demikian, seringkali menanam sayuran di rumah bisa gagal. Ini biasanya karena kurangnya ketekunan atau pemahaman dasar tentang apa yang diperlukan untuk menanam tanaman tomat dengan buah melimpah.

Dilansir dari Garden Guides, Minggu (24/10/2021), ada beberapa cara membuat tanaman tomat berbuah lebat. Pertama, siapkan tanah sebelum menanam tomat.

Jika tanahnya keras, maka hancurkan tanah yang bergumpal. Buang semua batu besar dari tanah.

Tambahkan kira-kira 1 hingga 1,5 kg pupuk 5-10-5 untuk setiap 9 meter persegi kebun. Mengolah pupuk ke dalam tanah dengan rototiller atau dengan tangan, menggunakan sekop.

Pilih bibit yang sehat untuk ditanam. Secara khusus, pilih bibit yang tingginya sekitar 6 hingga 10 inci dan memiliki daun hijau yang cerah.

Hindari bibit yang layu atau daunnya hilang atau kuning. Dengan menanam bibit yang sehat, Anda meningkatkan kemungkinan tanaman dewasa yang sehat yang menghasilkan lebih banyak buah.

Tanam bibit tomat di tempat yang mendapat banyak sinar matahari dan air. Tomat membutuhkan setidaknya enam jam sinar matahari untuk menghasilkan lebih banyak buah.


Jika tanaman kekurangan cahaya atau air, hasilnya akan berkurang. Posisikan tanaman agar tidak terkena angin kencang, karena angin dapat merusak batang.

Jika daun tanaman tampak mengering atau mulai menggulung, berarti sudah terlalu lama tanpa air. Tanaman tomat harus menerima 1 hingga 1,5 inci air setiap minggu.

Pupuk bibit tomat segera setelah ditanam di tanah. Campurkan campuran pupuk 5-10-10 dengan satu galon air.

Tuang satu liter campuran pupuk di sekitar pangkal setiap bibit tomat.

Pasang pasak saat menanam tomat. Tanpa pasak, banyak tanaman tomat akan tumbuh ke luar dan menjadi lebat, yang akan menyebabkan peningkatan pertumbuhan batang dan daun.

Ini juga akan menyebabkan buah bersentuhan dengan tanah, menyebabkan pembusukan. Hindari ini dengan menempatkan pasak 6 kaki kira-kira 6 inci dari pangkal tanaman.

Saat batang tomat tumbuh, ikat batang tomat secara longgar ke tiang pasak dengan potongan kain atau tali tua.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/24/192800776/simak-begini-cara-membuat-tanaman-tomat-berbuah-lebat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke