Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/10/2021, 10:33 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari menjaga kebersihan lantai, wastafel hingga perlengkapan memasak lainnya supaya tetap rapi, menjaga dapur kecil agar tetap teratur bukanlah hal yang mudah.

Sebab, aktivitas yang dilakukan di dapur setiap hari bisa mengacaukan semuanya.

Seperti yang dilansir dari Martha Stewart, Kamis (21/10/2021) baik Anda tinggal di apartemen kecil atau memiliki dapur yang kecil, ada beberapa tips yang dapat menjadikan dapur kecil Anda tetap bersih dan tertata seperti berikut ini. 

Baca juga: 8 Hal yang Harus Diketahui tentang Dapur Modern

1. Letakkan bahan dan bumbu dapur agar mudah diakses

Letakkan bahan dasar seperti garam, merica segar, minyak zaitun, dan cuka di meja Anda sehingga mudah dijangkau daripada disimpan di lemari.

Apabila Anda tidak memiliki rak bumbu dapur di laci atau lemari, Anda dapat menggunakan rak mini bertingkat yang dapat diletakkan di meja dapur, sehingga mudah dijangkau dan tertata dengan rapi. 

2. Simpan di satu tempat

Simpan panci, tutup, talenan, dan loyang dalam satu rak sehingga dapat mudah mencarinya. Gunakan satu rak kecil yang dapat menampung semuanya.

Pisahkan panci yang sering digunakan dan tidak. Panci dan peralatan yang tidak digunakan letakkan di dalam lemari sehingga tidak memberikan efek berantakan pada dapur kecil.

Baca juga: Tips Membuat Dapur Minimalis dan Bebas Berantakan

Atau Anda dapat menggunakan rak kabinet untuk menyimpan perlengkapan tersebut. 

3. Atur kulkas 

Baik Anda mengatur kulkas mini atau ukuran penuh, satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah pedoman keamanan pangan. Ikan, unggas, dan daging merah harus selalu disimpan di rak yang sama untuk menghindari kontaminasi silang dan risiko penyebaran bakteri salmonella.

Cara lain untuk memastikan Anda menggunakan sisa makanan dan membuka makanan kaleng adalah dengan memberi label dan memberi tanggal pada setiap wadah. 

4. Maksimalkan ruang dinding

Alih-alih menyimpan pisau Anda di laci atau di blok pisau kayu yang besar, tempelkan ke bilah pisau magnetik yang dapat dipasang ke dinding Anda.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com