Kompas.com - 21/10/2021, 07:57 WIB
Ilustrasi berkebun di rumah. PEXELS/COTTONBROIlustrasi berkebun di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkebun menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan orang selama pandemi virus corona. Anjuran untuk tetap beraktivitas di rumah menjadikan berkebun sebagai hobi baru yang menyenangkan.

Pakar kesehatan pun mengatakan, manfaat berkebun tidak bagi dirasakan pada kesehatan jasmani, namun juga rohani Anda. Salah satunya adalah tingkat stres yang turun karena berkebun.

Dilansir dari Martha Stewart, Kamis (21/10/2021), sebuah studi baru dari British's Royal Horticultural Society (RHS) menemukan, orang yang berkebun setidaknya dua kali seminggu mengalami peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan dan tingkat stres yang lebih rendah daripada mereka yang tidak.

Baca juga: Ketahui, Ini 4 Manfaat Baking Soda untuk Kegiatan Berkebun

Lembaga tersebut mensurvei lebih dari 6.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang berkebun setiap hari memiliki kesejahteraan 6,7 persen lebih tinggi dan 4,2 persen lebih sedikit stres daripada mereka yang tidak pernah berkebun.

Ilustrasi berkebun di rumah. PEXELS/LOS MUERTOS CREW Ilustrasi berkebun di rumah.

"Ini adalah pertama kalinya 'respon dosis' untuk berkebun telah diuji dan banyak bukti menunjukkan bahwa semakin sering Anda berkebun, semakin besar manfaat kesehatannya," kata fellow kesejahteraan di RHS dan peneliti utama studi tersebut, Lauriane Chalmin-Pui.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Faktanya, berkebun setiap hari memiliki dampak positif yang sama pada kesejahteraan daripada melakukan olahraga teratur dan kuat seperti bersepeda atau berlari," jelas Chalmin-Pui.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cities tersebut dilakukan bekerja sama dengan University of Sheffield dan University of Virginia.

Baca juga: 5 Tren Berkebun yang Bakal Populer pada 2022

Studi ini menemukan bahwa sering berkebun dikaitkan dengan aktivitas fisik yang lebih besar, yang mendukung teori bahwa berkebun bermanfaat bagi pikiran dan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.