Kompas.com - 20/10/2021, 10:48 WIB
Ilustrasi peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/MAXX-STUDIOIlustrasi peralatan masak stainless steel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Stainlees steel menjadi bahan yang sering ditemukan di perlengkapan dapur. Selain lebih tahan terhadap korosi, bahan yang ada di beberapa perlengkapan memasak ini juga lebih tahan lama.

Akan tetapi, seperti yang dilansir dari The Kitchn, Rabu (20/10/2021), stainlees steel terkadang meninggalkan sidik jari dan kusam setelah digunakan. Jika seperti ini, harus segera dibersihkan agar noda tidak menempel lama.

Tetapi, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan dalam membersihkan peralatan stainlees steel, seperti berikut ini. 

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Dapat Merusak Peralatan Stainless Steel

1. Hindari menggunakan pemutih

Stainlees steel adalah "tahan karat" karena lapisan pelindung yang terbentuk ketika kromium dalam baja berinteraksi dengan oksigen di udara. Jika lapisan ini terganggu, kabar buruknya adalah logam di bawahnya bisa berkarat.

Pemutih adalah bahan kimia keras yang merusak lapisan kromium oksida dan dapat menyebabkan karat atau lubang terbentuk pada peralatan Anda.

Selain tidak menggunakan larutan pemutih Anda sendiri, pastikan untuk membaca label produk pembersih dengan cermat untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak mengandung pemutih sebelum menggunakannya pada peralatan baja tahan karat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Hindari gunakan wol baja atau alat abrasif lainnya

Wol baja dan alat abrasif lainnya dapat menggores permukaan peralatan stainlees steel. Seiring waktu, goresan ini dapat menumpulkan tampilan keseluruhan, dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkannya.

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

3. Jangan gunakan air

Air dapat meninggalkan bekas dan goresan air pada peralatan baja tahan karat Anda, terutama jika Anda memiliki air sadah.

Jika Anda menggesek kain basah pada peralatan stainless steel untuk membersihkannya dengan cepat, kemungkinan akan meninggalkan garis-garis yang terlihat setelah air mengering.

4. Jangan biarkan kotoran mengendap

Kotoran yang menempel pada peralatan Anda menjadi kotoran yang membandel, yang mungkin menggoda Anda untuk menggunakan metode pembersihan yang lebih keras.

Untuk menghindari masalah ini, bersihkan permukaan peralatan Anda secara teratur dengan pembersih serbaguna yang aman dan jadikan pembersihan lebih dalam sebagai bagian dari rutinitas mingguan Anda.

Halaman:


Sumber The Kitchn
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.