Kompas.com - 19/10/2021, 18:06 WIB
Peralatan dapur dari stainless steel dapat dijaga tetap kinclong dengan cara perawatan dan pembersihkan yang tepat. SHUTTERSTOCK/ANTONIO TRUZZIPeralatan dapur dari stainless steel dapat dijaga tetap kinclong dengan cara perawatan dan pembersihkan yang tepat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan dapur dengan material stainless steel atau baja tahan karat memberikan polesan kontemporer ke dapur dengan hasil akhir yang berkilau.

Tak hanya itu, peralatan dapur stainless steel memiliki perawatan yang rendah. Stainless steel memiliki lapisan pelindung alami yang membantunya tetap terlihat bagus selama bertahun-tahun. 

Baca juga: Cara Merawat Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

Untuk itu, penting menjaga lapisan pelindung ini dengan pembersihan rutin demi menjaga peralatan stainless steel tetap kondisi prima. 

Peralatan stainless steel yang tidak dirawat dengan baik bisa membuat permukaannya tergores, kusam, dan kehilangan kilau. 

Selain itu, kesalahan saat membersihkan peralatan stainless steel juga dapat merusak peralatan. Karena itu, penting mengetahui kesalahan perawatan demi menghindarinya dan menjaga peralatan stainless steel tetap bagus dan tahan lama. 

Melansir dari Bobvila, Selasa (19/10/2021), berikut ini kesalahan perawatan yang bisa merusakan peralatan stainless steel. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Membersihkan Peralatan Dapur Stainless Steel agar Tetap Mengilap 

Membersihkan dengan pembersih abrasif

Stainless steel mengandung besi, kromium, mangan, silikon, dan karbon. Ketika elemen-elemen ini berinteraksi dengan oksigen di udara, peralatan stainless steel membentuk lapisan tipis yang melindungi baja dari karat dan korosi.

Pembersih abrasif dapat menggores permukaan dan merusak butiran alami baja sehingga menyebabkan karat seiring waktu.

Hindari membersihkan bubuk dan cairan yang mengandung bahan abrasif seperti kalsit, feldspar, kuarsa, juga silika. 

Baca juga: Tidak Susah, Begini Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Stainless Steel

Menggosok peralatan stainless steel melawan arah serat 

Perhatikan baik-baik peralatan stainless steel dan Anda akan melihat garis-garis halus pada bahannya.

Halaman:


Sumber Bobvila
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.