Kompas.com - 19/10/2021, 16:13 WIB
Ilustrasi membersihkan oven ShutterstockIlustrasi membersihkan oven

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan oven adalah salah satu tugas yang paling diabaikan di hampir setiap rumah tangga. Ini bisa menjadi pekerjaan yang melelahkan dan memakan waktu.

Tak jarang, banyak orang enggan melakukannya dan mencari cara terbaik untuk membersihkan oven sejarang mungkin serta dengan cepat. 

Melansir dari Real Estate, Selasa (19/10/2021), Ivelina Ivanova, ahli kebersihan di Fantastic Services, membagikan tips mudah dan cepat membersihkan oven. Simak di bawah ini. 

Baca juga: 5 Tanda Elemen Pemanasan Oven Rusak 

Alat dan bahan yang dibutuhkan 

  • Pembersih oven
  • Cairan pencuci piring
  • Spatula
  • Penghilang lemak oven
  • Spons basah
  • Sikat gigi
  • Kain serat mikrofiber
  • Sarung tangan 

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membersihkan Oven

Cara membersihkan oven 

  • Siapkan oven 

Ivelina mengatakan, sebelum memulai membersihkan oven, pastikan oven dalam keadaanmati dan dingin sepenuhnya. Hati-hati dengan komponen pemanas yang terbuka dan pancaran gas burner. 

  • Bersihkan semua rak dan nampan oven 

Cara terbaik membersihkan rak oven adalah mengeluar rak oven terlebih dahulu dari unit dan membersihkandi zona terpisah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Keluarkan semua barang yang bisa dilepas seperti nampan oven, rak oven, dan pemanggang," kata Ivelina. 

Kemudian, rendam barang-barang tersebut ke dalam wadah berisi cairan pembersih oven atau dalam air sabun yang panas. “Biarkan terendam sambil melanjutkan dengan membersihkan bagian dalam oven.” 

Baca juga: 4 Tanda Oven Harus Diganti 

  • Bersihkan bagian dalam oven 

Ilustrasi oven listrik. SHUTTERSTOCK/VENUS ANGEL Ilustrasi oven listrik.
Setelah itu, lakukan membersihkan bagian dalam oven. Kerik sisa kotoran dan olesi dengan spatula. Ketika residunya sudah hilang, semprot bagian dalam oven dengan pembersih minyak oven dan biarkan selama 15 menit untuk melakukan pembersihan. 

Setelah sisa-sisa makanan mulai terangkat, ambil spons basah, dan cuci bagian dalam oven sampai bersih. Beri perhatian khusus pada lemak yang terbakar di dalamnya.

"Ulangi langkah ini sampai oven benar-benar bersih, pastikan untuk membilas kain di antara tisu untuk menghindari penyebaran kotoran pada permukaan oven," kata Ivelina.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.