Kompas.com - 19/10/2021, 15:35 WIB
Ilustrasi jamur hitam pada sudut dinding. SHUTTERSTOCK/BURDUN ILLIYAIlustrasi jamur hitam pada sudut dinding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat langit-langit atau plafon kamar mandi dipenuhi dengan bintik-bintik atau noda hitam? Jika iya, artinya jamur telah berkembang biak atau hidup di kamar mandi.  

Dilansir dari Family Handyman, Selasa (19/10/2021), jamur pada plafon kamar mandi disebabkan oleh kelembapan yang terkurung di dalam kamar mandi.  

Baca juga: Kenapa Ada Jamur Tumbuh di Rumput? Penyebab dan Cara Mengatasinya

Perlu diketahui, jamur menyukai kelembapan. Kelembapan itu berasal dari shower air panas serta bak mandi yang naik ke plafon.

Tanpa ventilasi yang baik, uap dapat mengendap di sana. Kelembapan yang berada di plafon terlalu lama dapat membuat spora jamur mulai tumbuh.

Tentu saja keberadaan jamur di kamar mandi tidak sedap dipandang serta menyebabkan masalah kesehatan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, jamur dapat menyebabkan hidung tersumbat, iritasi tenggorokan, batuk atau mengi, iritasi mata, atau iritasi kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih mengkhawatirkan, jamur bisa menyebabkan infeksi paru-paru serius pada orang dengan sistem kekebalan lemah. 

Baca juga: Mesin Cuci Bau Jamur? Begini Cara Mudah Mengatasinya 

Cara membersihkan jamur dari plafon kamar mandi  

Untuk membasmi jamur dari plafon kamar mandi, bersihkan area yang terkena menggunakan pembersih jamur yang dibeli di toko atau campuran sabun cuci piring dan air. Biarkan area tersebut mengering.

Setelah itu, gunakan pemutih untuk membunuh jamur. Campur seperempat cangkir pemutih dengan satu liter air dan oleskan larutan dengan botol semprot atau spons.

Ingatlah ketika bekerja dengan pemutih untuk membuka jendela kamar mandi atau rumah agar ada ventilasi serta memakai sarung tangan dan pelindung mata.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.