Kompas.com - 19/10/2021, 12:26 WIB
Ilustrasi kamar tidur Unsplash/Collov Home DesignIlustrasi kamar tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur lebih dari sekadar tempat untuk tidur. Kamar tidur juga kerap digunakan untuk beristirahat, ruang relaksasi, bahkan tempat perlindungan yang menenangkan. 

Untuk itu, kamar tidur perlu didesain atau ditata semenarik dan senyaman mungkin agar memberikan manfaat-manfaat tersebut. Sayangnya, menciptakan kamar tidur yang menarik dan nyaman tidaklah mudah.  

Baca juga: Jangan Mengecat Dinding Kamar Tidur dengan Warna Merah, Ini Sebabnya

"Langkah pertama menciptakan kamar tidur sebagai tempat istirahat dan pengisian ulang (energi) adalah menerapkannya setiap kali Anda masuk," kata Kim Gordon dari Kim Gordon Designs di Venice, California, Amerika Serikat. 

Gorden mengatakan pemicu langsung, seperti karya seni, warna pintu, bau yang menusuk hidung—setiap indera harus diaktifkan saat masuk ke kamar tidur. 

Untuk mengubah kamar tidur menjadi tempat perlindungan yang menenangkan, berikut ini tips mendesain kamar tidur yang nyaman dan menenangkan dikutip dari Mansion Global, Selasa (19/10/2021). 

Baca juga: 7 Trik Mendesain Kamar Tidur Anak yang Tak Lekang oleh Waktu 

Tetapkan nada tenang

Langkah pertama mendesain kamar tidur yang santai dan menenangkan dapat dilakukan dengan memilih palet warna yang tenang.

Robin Strickler, pendiri dan kepala Design Works, sebuah firma desain interior yang berbasis di Irvine, California, mengatakan untuk memilih warna dalam palet netral. Pikirkan warna putih, biru lembut, krem, dan warna perona pipi.  

Baca juga: 6 Ide Menghadirkan Warna Kuning di Kamar Tidur

Selain itu, memilih pencahayaan yang tepat. Misalnya, menggunakan lampu gantung pernyataan di kamar tidur utama dan pastikan memiliki peredup sehingga dapat mengontrol kecerahannya untuk mendorong istirahat dan relaksasi.

Jangan lupa memilih tempat tidur yang nyaman serta memasukkan penyimpanan di meja samping tempat tidur. "Kami menyukai meja samping yang bersih hanya dengan lampu dan aksesori minimal," ucap Strickler. 

Pilih juga selimut, seprai, dan bantal yang terbuat dari material lembut karena ini merupakan tekstur yang bagus untuk mendorong tidur. 

Baca juga: Ingin Kamar Tidur Estetik? Pastikan Miliki 4 Benda Ini 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.