Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 6 Cara Membuat Peralatan Masak Stainless Steel Awet

Kompas.com - 08/03/2021, 11:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Peralatan masak dan membuat kue antilengket dapat menghasilkan hasil berkualitas jika Anda meluangkan waktu dan tenaga untuk menggunakan serta merawatnya dengan benar.

Dilansir dari The Spruce, Senin (8/3/2021), pembersihan yang tidak tepat dapat membengkokkan atau merusak peralatan masak antilengket.

Meskipun Anda harus selalu memeriksa dengan produsen produk Anda untuk rekomendasi khusus, ada beberapa aturan pembersihan umum yang akan membantu mendapatkan kinerja dan daya tahan terbaik dari peralatan masak antilengket Anda.

Baca juga: 6 Kesalahan Merawat Wajan dan Panci Stainless Steel

Sebelum Menggunakan Peralatan Masak Baru

Sebelum menggunakan peralatan masak baru untuk pertama kali, cuci dengan air sabun panas, bilas bersih, dan keringkan dengan handuk lembut atau kain linen.

Untuk memastikan performa antilengket sejak awal, telah menjadi praktik standar untuk "membumbui" atau "mengondisikan" wajan dengan sedikit melapisi permukaan dengan minyak goreng jenis apa pun, memanggangnya, dan mengelapnya hingga bersih.

Sering Membersihkan Peralatan Masak Antilengket

Bersihkan peralatan masak antilengket Anda setelah digunakan menjadi salah satu faktor untuk membuat peralatan masak memiliki daya tahan lebih lama.

Menjaga kebersihan peralatan masak antilengket akan memberikan kinerja yang lebih konsisten dan berkualitas.

Baca juga: Agar Awet, Jangan Lakukan Hal Ini pada Alat Masak Stainless Steel

Sisa makanan atau minyak sisa akan matang di permukaan dan berkarbonisasi, menyebabkan makanan menempel.

Residu yang sudah matang itu sulit dilihat dan bahkan lebih sulit dihilangkan, jadi cuci dengan hati-hati dan menyeluruh setiap saat.

Tunggu hingga Dingin

Sebelum membersihkan peralatan memasak, penting untuk membiarkan peralatan masak benar-benar dingin sebelum dicuci. Hindari merendam wajan panas dalam air yang lebih dingin karena dapat melengkungkan dan merusaknya secara permanen.

Selalu Cuci Menggunakan Tangan

Meskipun Anda tergoda untuk memasukkan wajan ke dalam mesin cuci piring, hindari mencucinya di dalam mesin cuci piring, dan gunakan tangan untuk mencucinya.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com