Kompas.com - 07/03/2021, 18:37 WIB
Ilustrasi telur disimpan di wadah karton. PIXABAY/TOOKAPICIlustrasi telur disimpan di wadah karton.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda sering membeli telur dalam wadah karton, mulai sekarang jangan langsung membuang wadah tersebut. Sebab, wadah karton telur yang terbuat bubur kertas dapat digunakan untuk menanam benih tanaman.

Selain praktis, ini merupakan salah satu cara untuk mendaur ulang limbah rumah tangga sebelum ujungnya berakhir di tempat sampah.

Nah, bagaimana cara memanfaatkan wadah karton telur untuk menanam benih? Dilansir dari Taste of Home, Minggu (7/3/2021), berikut penjelasannya.

Baca juga: Mau Menanam Asparagus di Rumah? Berikut Caranya

Pertama, ambil karton telur dan buat beberapa lubang kecil di bagian bawah dan samping untuk aliran udara dan drainase.

Untuk memulai pembibitan, pastikan menggunakan campuran media tanam yang tepat untuk benih. Campuran apa pun yang Anda pilih, pastikan untuk membasahi tanah dengan air hangat.

Setelah itu, masukkan tanah ke dalam setiap lubang pada karton telur.

Kemudian mulailah menanam bibit tanaman, misalnya tanaman sayuran, buah-buahan, atau tanaman herbal. Setelah menanam bibit, tutupi wadah karton dengan plastik untuk membantu mempertahankan kelembaban di dalam tanah.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Menanam Tanaman Herbal di Dalam Rumah

Penting juga agar benih tetap hangat untuk membantu memacu perkecambahan. Usahakan untuk menyimpan karton di tempat yang hangat dari sinar matahari langsung.

Kemudian, setelah perkecambahan dimulai, bungkus plastik bisa dilepas.

Tanaman Anda sekarang siap menerima semua cahaya terang. Saat Anda mulai melihat kemunculan daun di batang tanaman, sekarang saatnya memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar.

Isi pot tanaman dengan media tanam dan tanah, lalu pindahkan tanaman baru Anda dengan hati-hati. Ingatlah untuk menyiram dengan baik.

Sekali lagi, hindari sinar matahari langsung saat tanaman mengenal lingkungan barunya. Setelah beberapa saat, Anda akan mulai melihat pertumbuhan tanaman.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X