Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/03/2021, 09:54 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Anjing memiliki kebiasaan menjilat siapapun yang berinteraksi dengannya. Hidung anjing juga selalu basah, yang membuat kita selalu ingin segera mencuci tangan setelah bermain dengan mereka.

Ternyata anjing memiliki hidung basah karena beberapa alasan penting, hal ini diungkapkan oleh Pete Lands, DVM, Direktur Perawatan Darurat dan Kritis di Saint Francis Veterinary Center di Swedesboro, New Jersey.

Pertama, hidung anjing mengeluarkan lendir, yang membantu melacak bau di udara.
“Salah satu alasan hidung menjadi basah adalah karena sekresi akan keluar dari bagian dalam hidung dan duduk di atas hidung,” kata Lands seperti dilansir dari Reader’s Digest, Senin (8/3/2021). 

Baca juga: Alasan Anjing Suka Mengejar Ekornya Sendiri

Selain itu, anjing tidak berkeringat seperti manusia. Karena itulah hidung anjing lantas bertindak sebagai mekanisme pendingin tubuh.

Alasan yang lain adalah kebiasaan anjing menjilati hidungnya. Ini karena anjing lebih pendek dan dekat dengan tanah. Hal itu membuat hidung anjing kotor dan juga dihinggapi serbuk sari tanaman.

Untuk itu ia harus membersihkan dan merasakan semua aroma sekaligus membersihkannya. Sehingga hidung anjing menjadi lembab dan selalu basah.

“Saat anjing berada di luar, menempelkan hidungnya pada sesuatu, hidung mereka bisa basah karena apa yang mereka tempelkan, apakah itu daun, tanaman, genangan air, rumput pagi,” kata Lands.

Baca juga: 8 Penyebab Anjing Mogok Makan

Apa artinya jika hidung anjing Anda kering?

Meskipun hidung basah adalah pertanda sehat bagi anjing, hidung kering tidak selalu perlu dikhawatirkan.

Anjing muda yang suka menjilat akan memiliki hidung basah, tetapi seiring bertambahnya usia anjing, hidung mereka biasanya menjadi sedikit lebih kering.

“Kekeringan juga bisa menjadi tanda bahwa anjing mengalami dehidrasi,” kata Land. Jadi, pastikan anjingmu minum cukup air.

Namun, jika kekeringannya kronis, itu bisa menjadi tanda bahwa anjing mungkin menderita penyakit kulit. Hidung kering juga bisa menunjukkan masalah kesehatan sistemik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com