Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlukah Pakaian Basah Didiamkan di Mesin Cuci Semalaman?

Kompas.com - 07/03/2021, 17:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian dengan mesin cuci adalah hal yang mudah dan praktis, namun perlu dilakukan dengan cermat. Seringkali, jika pakaian basah didiamkan di mesin cuci terlalu lama, maka akan muncul bau tidak sedap.

Bau tidak sedap tersebut berasal dari pertumbuhan bakteri dan jamur. Jika ini terjadi, pengeringan sebanyak apa pun tidak akan menghilangkan bau, yang berarti pakaian biasanya harus dicuci ulang.

Akan tetapi, menurut Martha Stewart, pendiri Martha Stewart Living Omnimedia, ini tergantung pada berapa lama Anda membiarkan pakaian basah di dalam mesin cuci. Menurut dia, meninggalkan pakaian basah di mesin cuci semalaman sebenarnya oke-oke saja.

Baca juga: Perlukah Pakaian Kotor Dipisahkan Berdasarkan Warna? Ini Penjelasannya

"Saya akan mengatakan itu baik-baik saja. Maksud saya, jangan tinggalkan untuk waktu yang lama. Jangan tinggalkan selama seminggu. Jika Anda bangun di pagi hari dan memindahkannya ke pengering, mungkin akan baik-baik saja," terang dia seperti dikutip dari Martha Stewart, Minggu (7/3/2021).

Jika Anda tidak yakin apakah pakaian basah Anda telah didiamkan terlalu lama, Stewart merekomendasikan untuk menciumnya.

"Salah satu cara untuk mengetahui apakah baunya baik-baik saja. Jamur dan bakteri yang mulai tumbuh di pakaian dan lingkungan yang lembab, itu sangat tajam," ujarnya.

Penting untuk menggunakan deterjen tanpa pewangi yang juga bebas dari bahan kimia keras. Melakukan hal tersebut akan membuat Anda mudah mencium jika pakaian belum dicuci dengan benar dan perlu perhatian lebih lanjut, yaitu jika pakaian mengeluarkan bau seperti jamur.

Baca juga: Hindari 7 Kesalahan dalam Mencuci Pakaian

Membiarkan pakaian bersih Anda mengering sedikit di dalam mesin cuci semalaman sebenarnya bisa menjadi langkah cerdas jika Anda berencana mengangin-anginkan pakaian kering di tali jemuran.

Menggunakan tali jemuran memungkinkan Anda mempertahankan kualitas dan struktur pakaian lebih lama daripada menggunakan pengering konvensional secara teratur. Itu karena gerakan jatuh dari pengering biasa dapat menggesekkan pakaian ke tabung pengering dan merusak seratnya seiring waktu.

Namun, pengeringan dengan menjemur memungkinkan pakaian berbahan halus, terutama yang mengandung elastis atau spandeks, mengering tanpa rusak di pengering.

Anda dapat memasang tali jemuran baik di luar atau di dalam rumah. Namun, menjemur pakaian basah dapat menurunkan tali jemuran, jadi penting untuk membiarkan kelebihan air mengalir terlebih dahulu sebelum menggantungnya sampai kering.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com