Kompas.com - 20/10/2021, 07:19 WIB
Ilustrasi karpet dengan jumbai di pinggirannya. SHUTTERSTOCK/SOFIA SOPHIEIlustrasi karpet dengan jumbai di pinggirannya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumbai yang menghiasi pinggiran karpet memberi tampilan eksotis dan elegan. Akan tetapi, jika tak dirawat dengan benar, jumbai karpet bisa berubah warna, lusuh, dan bahkan lepas.

Setelah kondisi pinggiran atau jumbai karpet memburuk, memperbaikinya lebih sulit dan terkadang bahkan tidak mungkin. Anda dapat menghindari masalah mahal ini dengan merawat karpet dengan baik.

Pembersihan dan perawatan rutin akan menjaga jumbai karpet dalam kondisi seperti baru selama bertahun-tahun. Dilansir dari Home Guides SF Gate, Rabu (20/10/2021), berikut beberapa cara merawat jumbai karpet agar tidak mudah lusuh dan lepas.

Baca juga: 5 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Karpet Ruang Keluarga

1. Bersihkan dengan cermat

Bersihkan jumbai karpet dengan hati-hati menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran. Angkat tepi karpet secara berkala dan bersihkan lantai di bawahnya untuk mencegah kotoran berpindah ke pinggiran dan jumbai karpet.

Jangan membersihkan dengan vacuum cleaner jenis "beater bar," karena ini akan menarik dan merusak pinggiran. Jika karpet cukup kecil untuk diangkat, bawa ke luar, gantung di tali dan goyangkan, lalu sedot dengan vacuum cleaner saat sudah kembali ke dalam.

Cara ini akan membantu melonggarkan kotoran dari bagian bawah karpet, termasuk pinggirannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Segera bersihkan noda tumpahan

Bersihkan tumpahan segera setelah terjadi sehingga tidak menyebar ke pinggiran. Sebelum menggunakan sabun atau jenis pembersih apa pun pada karpet, baca label perawatannya.

Baca juga: Jangan Asal, Ini Cara Memilih Warna Karpet untuk Ruangan

Beberapa pembersih, seperti sampo karpet cair, dapat merusak beberapa jenis karpet.

3. Putar karpet

Putar karpet agar lebih merata. Jika Anda tidak melakukan ini, karpet dan pinggirannya akan menjadi lebih kotor dan lebih aus di satu tempat daripada yang lain.

Ini akan membuat karpet terlihat tidak seimbang, dan kotoran serta kerusakan akan lebih terlihat.

4. Jauhkan dari sinar matahari langsung

Jauhkan karpet dari sinar matahari langsung. Seiring waktu, sinar matahari akan memudar dan melemahkan karpet.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.