Kompas.com - 19/10/2021, 23:47 WIB
Ilustrasi kucing liar. PIXABAY/MIKHAIL_STAVREV78Ilustrasi kucing liar.

JAKARTA, KOMPAS.com--Masalah kulit pada kucing adalah masalah umum bagi banyak pemilik hewan peliharaan. Kondisi ini dapat menyebabkan ruam, bulu rontok, dan bisa memengaruhi kesehatan kucing secara keseluruhan.

Agar kesehatan kucing tetap terjaga dan bisa hidup dengan baik, pemilik kucing dihimbau agar peka terhadap kondisi tak biasa pada kulit atau bulu kucing.

Jika kamu mengetahui adanya masalah, sebaiknya tidak mencoba mengobati sendiri dengan obat-obatan untuk manusia.

Bawalah kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Lebih cepat diketahui, masalah pada kulit kucing lebih cepat diatasi dan diobati.

Berikut adalah enam masalah pada kulit kucing yang tidak boleh diabaikan dan harus ditangani dengan tepat seperti dilansir dari Love to Know, Selasa (19/10/2021).

Baca juga: Mengapa Kucing Tidur di Atas Pakaian Pemiliknya?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Kutu dan alergi kutu

Salah satu penyebab paling umum dari masalah kulit kucing adalah adanya serangan kutu. Bahkan jika kucing berada di dalam rumah hampir atau sepanjang hari, kutu dapat melompat dan tetap masuk ke dalam rumah.

Kutu dapat diobati atau dicegah melalui penggunaan berbagai produk yang dioleskan pada kulit di bagian belakang leher. Beberapa dari produk ini adalah resep dan beberapa dapat dibeli tanpa resep.

Jika kamu tidak terbiasa dengan ini, kamu dapat berbicara dengan dokter hewan tentang pilihan terbaik untuk hewan peliharaanmu.

Perawatan kutu mungkin juga memerlukan pil tindakan cepat seperti Capstar, mandi dengan sampo biasa atau obat, atau perawatan di rumah.

Baca juga: 7 Penyebab Kucing Mogok Makan dan Cara Mengatasinya

2. Alergi

Kucing dapat memiliki banyak jenis alergi seperti halnya manusia. Alergen umum termasuk protein spesifik dalam makanan, serbuk sari, rumput, jamur dan banyak lagi.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.